Blora on News :
Home » , » TNI dan Polisi di Blora Diajak Menanam Tanaman Buah

TNI dan Polisi di Blora Diajak Menanam Tanaman Buah

infoblora.com on Aug 13, 2016 | 2:00 PM

Pak Bambang, Wakil Bupati, Kapolres, Danyon, Camat dan Danramil panen kelengkeng bersama di kebun Klapanan, belum lama ini. (foto: rs-infoblora)
BLORA. Potensi tanaman buah-buahan di Kabupaten Blora kini mulai menggeliat. Blora yang dulunya dikenal sebagai tanah kapur yang kering dan gersang, kini mulai dikenal sebagai penghasil buah berkualitas unggul. Apalagi ditandai dengan banyaknya warga yang mendirikan kebun buah.

Salah satunya Bambang Suharto warga Jepon, yang memiliki kebun buah seluas 30 hektare di Desa Tunjungan Kecamatan Tunjungan. Setelah berhasil mengubah lahan gersang di dekat Waduk Greneng menjadi pusat kebun buah kelengkeng, pepaya, jambu, jeruk dan lainnya, kini ia bertekad untuk menjadikan Blora sebagai pusat buah lokal nusantara.

Caranya yakni dengan mengajak para anggota TNI dan Polisi untuk ikut menanam tanaman buah di lahan kosong yang ada di sekitar kantor, baik Koramil ataupun Polsek di wilayah Kabupaten Blora.

Untuk mewujudkan rencananya tersebut, Jumat (12/8) lalu dengan dukungan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si, pihaknya mengajak Kapolres AKBP Surisman SIK, Danyon 410 Alugoro Kapten Inf Heri Amrullah, dan Dandim 0721 Blora Letkol Inf Susilo yang diwakili Danramil Tunjungan Kapten Czi Sundiro diundang langsung untuk datang ke kebun buah miliknya.

“Saya ingin Blora yang dikenal kering, bisa berubah jadi pusat buah-buahan lokal unggulan. Blora saya buat akronim dari Buah Lokal Nusantara. Salah satunya mengenalkan buah-buahan kepada TNI dan Polisi agar bisa ikut menanam di lingkungan kantor sebagai contoh untuk masyarakat sekitar,” ucapnya.

Didepan Kapolres, Danyon dan Danramil, Pak Bambang langsung mengenalkan berbagai komiditas buah yang berhasil ia tanam di kebun. Diantaranta kelengkeng kristal yang manis dan berdaging tebal, jambu kristal yang segar tanpa biji, pepaya kalina yang manis, dan lainnya.

“Saya sempat dapat komentar dari anak buah, katanya kelengkeng dari kebun buah milik Pak Bambang ini tidak cocok untuk penderita diabetes, karena rasanya yang manis banget. Padahal setelah saya rasakan memang enak, keset, tak berair,” ungkap Danyon Kapten Inf Heri Amrullah.

Sementara itu Kapolres AKBP Surisman SIK tertarik untuk menanam kelengkeng di daerah asalnya yakni Brebes. “Kelengkengnya asli enak, apakah ini bisa ditanam di semua daerah? Kalau bisa, nanti pengen nanam juga di rumah Brebes,” katanya.

Bambang Suharto sendiri yang langsung menjawabnya, bahwa kelengkeng pada dasarnya bisa ditanaman dimanapun, hanya saja perlu ada perlakuan khusus agar pohonnya segera berbuah. “Dengan senang hati saya akan membantu berbagi pengalaman untuk menanam buah,” urainya.

Terpisah, Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si menjelaskan bahwa datangnya Kapolres, Danyon, dan perwakilan Dandim ke kebun buah milik Pak Bambang adalah untuk mengenalkan tanaman buah agar nantinya bisa ikut menanam di lingkungan Polsek dan Koramil.

“Ini bagus, sehingga nanti mulai Alugoro, Polsek, dan Koramil semua jadi percontohan tanaman buah di masing-masing wilayah. Mereka dijadikan contoh pengembangbiakan tanaman buah bagi masyarakat,” terangnya.

Beberapa bibit tanaman buah akan diberikan ke masing-masing kesatuan baik Polisi ataupun TNI. Kegiatan temu Kapolres, Danyon, Danramil bersama Pak Bambang dan Wabup diakhiri dengan petik buah kelengkeng bersama di kebun. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved