Blora on News :
Home » , , » Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Warga Tempuran Diajak Tanam Tanaman Buah

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Warga Tempuran Diajak Tanam Tanaman Buah

infoblora.com on Aug 12, 2016 | 4:00 PM

Bupati menanam pohon jeruk di halaman depan Balaidesa Tempuran. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Potensi sumbar daya air melimpah di Desa Tempuran Kecamatan Blora Kota dengan adanya Waduk Tempuran sangat disayangkan jika hanya dimanfaatkan untuk pertanian tanaman padi yang penennya 3 bulan sekali saja. Bupati pun mengajak warga setempat untuk ikut menanam buah agar bisa memanen bulanan, mingguan bahkan harian.

“Desa Tempuran ini warganya harus bersyukur punya sumber air yang melimpah. Potensi ini harus bisa dimanfaatkan untuk menyejahterakan masyarakat, utamanya di bidang pertanian. Jangan mau kalah dengan desa yang kering, desa yang minim sumber air,” ucap Bupati pada acara bakti sosial lingkungan dalam rangka HUT RI ke 71, Kamis (11/8) di Balaidesa Tempuran.

Ia mencontohkan Desa Tanggel Kecamatan Randublatung yang jauh dari pusat kota dan minim sumber air. Disana warganya bisa kompak menanam jeruk hingga ratusan hektar dan jeruknya berhasil mengangkat nama baik Blora dengan meraih juara 3 nasional di ajang kontes jeruk di Malang.

“Dalam keterbatasan air, mereka bisa menanam buah-buahan yang bisa dipetik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Tempuran jangan mau kalah, apalagi disini ada air banyak. Ayo ikut menanam buah-buahan, jangan hanya padi dan jati saja. Jati itu panennya 25 tahun sekali. Sedangkan kita butuh makan setiap hari, sebisa mungkin tanamanlah buah-buahan yang bisa sering dipanen agar ekonomi terus jalan,” jelasnya.

Penyerahan bibit tanaman buah-buahan secara simbolis oleh Bupati kepada
warga Desa Tempuran. (foto: ag-infoblora)
Di acara bakti sosial tersebut, Bupati melalui Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Blora juga langsung menyerahkan ratusan bibit tanaman buah untuk ditanam oleh warga Desa Tempuran di ladang dan pekarangan.

Yang dibagikan adalah bibit jambu kristal sebanyak 600 pohon, bibit sirsat sebanyak 100 pohon, bibit duku sebanyak 20 pohon, bibit jeruk, pepaya dan durian sebagai contoh penanaman secara swadaya oleh masyarakat.

Bupati pun secara simbolis ikut melakukan penanaman jeruk sunkis di halaman depan Balaidesa Tempuran. “Jeruk ini contohnya, harus dirawat dengan baik layaknya merawat bayi. Biarkan dia berbuah agar bisa membantu ekonomi warga setempat. Ayo menanam buah-buahan,” tegas Bupati sambil menanam jeruk.

Selain pemberian bibit buah-buahan secara gratis, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian bantuan sembako sebanyak 50 paket, bantuan pengobatan sapi massal sebanyak 100 ekor dan penebaran bibit ikan 3000 ekor di Waduk Tempuran.

Kades Tempuran Sri Hartini pun mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemkab Blora yang telah memberikan banyak bantuan kepada desanya. “Terimakasih Pak Bupati yang sudah berkenan hadir untuk memberikan bantuan dan motivasi kepada masyarakat untuk menanam buah. Semoga kami bisa melaksanakan sesuai dengan apa yang diharapkan sehingga Tempuran lebih maju dan sejahtera,” pungkasnya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved