Blora on News :
Home » , » Tari Sawung Tladung Siap Wakili Blora ke Parade Seni Budaya Jateng 2016

Tari Sawung Tladung Siap Wakili Blora ke Parade Seni Budaya Jateng 2016

infoblora.com on Aug 26, 2016 | 8:30 AM

Tari Sawung Tladung pelajar SMK Muhammadiyah 1 Blora saat berlatih beberapa waktu lalu. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Pemkab Blora melalui Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) bekerjasama dengan SMK Muhammadiyah 1 Blora akan mengirimkan duta kesenian untuk mengikuti acara Parade Seni Budaya Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jawa Tengah ke 66 yang dipusatkan di Alun-alun Kota Magelang, Minggu (28/8) besok.

Sejak sebulan lalu puluhan siswa SMK Muhammadiyah 1 Blora dibawah bimbingan pelatih seni Maryoto alias Mas Toteng dan beberapa petugas dari DPPKKI menyiapkan kesenian tari yang berjudul Sawung Tladung. Tari yang mengisahkan kegagahan, keberanian dan kekompakan dalam membela diri.

“Kita siapkan tim kesenian untuk memeriahkan Parade Seni HUT Jateng 66 besok Minggu. Kali ini dengan tema Sawung Tladung, garapan teman-teman seniman Blora dengan iringan gamelan khas bernuansa barongan. Semoga nanti bisa menang,” ujar Kepala DPPKKI Slamet Pamudji, kemarin.

Wakil Bupati berikan pengarahan dan semangat untuk tim tari Sawung Tladung
(foto: rs-infoblora)
Menurutnya sebelum berangkat ke Magelang, pada saat pawai lampion HUT RI ke 71 di Blora belum lama ini Tari Sawung Tladung sudah ditampilkan ke khalayak umum sebagai tim eksebisi atau tim kesenian pembuka.

“Alhamdulillah saat pawai di Blora berjalan sukses dan sambutan masyarakat luar biasa dengan penampilan Sawung Tladung. Kami berharap saat tampil di Magelang nanti juga berhasil mencuri perhatian penonton, terutama juri agar bisa kembali merebut juara,” lanjutnya.

Beberapa hari yang lalu saat digelar latihan di halaman SMK Muhammadiyah 1 Blora, Bupati Djoko Nugroho sempat memberikan semangat dan motivasi melalui Wakilnya H.Arief Rohman M.Si yang datang langsung ke lokasi.

Sementara itu, Endah Wahyuningsih salah satu guru SMK Muhammadiyah 1 Blora menyatakan bahwa beberapa hari terakhir, siswanya terus berlatih untuk mematangkan gerakan dan kekompakan agar bisa tampil lebih atraktif dan menghibur.

Sekedar mengingatkan, dalam 2 tahun terakhir tim kesenian Kabupaten Blora selalu menyabet juara di ajang Parade Seni Budaya Jateng. Pada 2014 tim Singo Barong Thong Cring SMK Negeri 1 Blora meraih juara pertama se Jawa Tengah. Sedangkan 2015 kemarin tim kesenian Ringkik Gidrang SMK Muhammadiyah 1 Blora meraih juara kedua. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved