Blora on News :
Home » , » Tampil Lincah, Sawung Tladung Blora Raih Juara Favorit Parade Seni Jateng

Tampil Lincah, Sawung Tladung Blora Raih Juara Favorit Parade Seni Jateng

infoblora.com on Aug 30, 2016 | 2:07 PM

Penampilan tim kesenian Tari Sawung Tladung wakil Kabupaten Blora di Parade Seni Budaya Jateng 2016. (foto: ag-infoblora)
MAGELANG. Kemeriahan Pesta Rakyat HUT Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ke 66 ditutup dengan gelaran Parade Seni Budaya 2016 yang digelar di Alun-alun Kota Magelang, Minggu malam (28/8) lalu. Seluruh kabupaten/kota se Jateng sejumlah 35, masing-masing mengirimkan duta keseniannya untuk memeriahkan acara ini.

Meskipun sempat diguyur hujan deras selama 3 jam sebelum acara dimulai, hal tersebut tidak membuat seluruh peserta patah semangat. Bahkan penonton pun semakin berjubel di sepanjang rute mulai dari lapangan Rindam IV Diponegoro menuju Alun-alun dan menyusuri Jl.Ahmad Yani Kota Magelang.

Penampilan 500 penari topeng ireng dari Magelang dan sambutan Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko sebagai tanda pembuka Parade Seni Budaya Jateng 2016, yang dimulai pukul 19.00 WIB. Kemeriahan semakin terasa dengan adanya pesta kembang api sebagai tanda dimulainya parade seni budaya.

Satu persatu peserta parade seni dari masing-masing Kabupaten/Kota tampil di depan panggung kehormatan yang berada di Alun-alun Magelang. Adapun duta kesenian Kabupaten Blora, Tari Sawung Tladung tampil dengan nomor urut 7 diiringi tetabuhan gamelan yang rancak, plus permainan sinar lampu yang menarik.

Sawung Tladung dibawakan oleh pelajar dari SMK Muhammadiyah 1 Blora dengan bimbingan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) melalui pelatih Mas Toteng atau Maryoto.

“Perlu diketahui, Tari Sawung Tladung merupakan visualisasi dari kesenian garapan tari ayam jantan atau ayam jago yang mencerminkan ketangkasan, kegagahan dan keberanian dengan menggabungkan unsur tetabuhan seni barongan. Apalagi ini yang main anak-anak SMK Muhammadiyah yang telah dibekali dengan kegiatan pencak silat, sehingga gerakannya sudah cukup kuat dan gagah,” jelas Mas Toteng, pelatih.

Penampilan Sawung Tladung pun berhasil memukau ratusan tamu undangan yang duduk di panggung kehormatan dan ribuan penonton dibuat kagum hingga bertepuk tangan. Tabuhan yang rancak, keras dan kompak dengan permainan sinar lampu membuat tampilan Sawung Tladung terus mendapatkan tepuk tangan dari penonton. Baik mulai start hingga finish, pemain terus bergerak menari mengikuti tetabuhan.

Berkat tampilan tersebut, tim kesenian Sawung Tladung dari SMK Muhammadiyah Blora pun meraih juara sebagai pemenang terfavorit mengalahkan peserta lainnya dari 35 kota/kabupaten se Jawa Tengah.

“Alhamdulillah, ini prestasi yang membanggakan bagi kami. Tahun lalu dengan kesenian Ringkik Gidrang berhasil meraih juara 2 di Parade Seni Budaya Jateng 2015 dan kini Sawung Tladung menyandang sebagai juara favorit. Semoga kedepan kesenian di sekolah kami, dan Kabupaten Blora secara umum bisa terus meningkat dan diakui secara nasional,” ucap Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah, Sunarwanto kemarin.

Sebelumnya, tim kesenian Sawung Tladung juga berhasil memeriahkan pembukaan Pawai Seribu Lampion “Blora Mabyor-Mbayor” dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 71 di Kota Blora belum lama ini.

Adapun hasil juara lainnya berdasarkan penilaian juri, juara 1 Kota Semarang, juara 2 Kota Surakarta, juara 3 Kabupaten Boyolali, juara harapan 1 Kabupaten Purbalingga, juara harapan 2 Kota Pekalongan dan juara harapan 3 Kabupaten Wonogiri. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved