Blora on News :
Home » , » Raih Juara 1 Dekranasda Carnival Jateng 2016, Ganjar : "Blora Keren..!!"

Raih Juara 1 Dekranasda Carnival Jateng 2016, Ganjar : "Blora Keren..!!"

infoblora.com on Aug 28, 2016 | 1:00 AM

Ketua Dekranasda Blora Hj.Umi Kulsum Djoko Nugroho (hijab coklat) bersama tim, foto bersama dengan Gubernur dan Ibu Gubernur sesaat setelah menerima piala dan penghargaan Juara 1 Dekranasda Carnival. (foto: ag-infoblora)
MAGELANG. Meskipun sempat diguyur hujan deras di awal acara, ternyata gelaran Dekranasda Carnival 2016 dalam rangka memeriahkan HUT Jawa Tengah ke 66 di Alun-alun Kota Magelang, Sabtu siang (27/8) kemarin tetap berjalan meriah. Seluruh peserta dari 35 kabupaten/kota se Jateng tampil maksimal dengan masing-masing kreasinya di depan juri.

Begitu juga dengan tim Dekranasda Carnival Kabupaten Blora yang menampilkan 5 kostum utama bertema Gembong Amijoyo “Barongan”, Dewi Sri, Merak Ijo, Sate Blora dan Jati Denok. Masing-masing menampilkan karakternya yang berani, cantik, tegas dan gemulai berkolaborasi apik dengan sedulur sikep (samin) di depan panggung kehormatan dengan guyuran hujan rintik-rintik.

“Walaupun diguyur hujan, ternyata semangat adek-adek untuk tampil luar biasa. Saya salut dan acungkan 2 jempol untuk kontingen Blora,” ujar Hj.Umi Kulsum Djoko Nugroho, Ketua Dekranasda Kabupaten Blora.

Euforia kemenangan tim Dekranasda Kabupaten Blora. (foto: ag-infoblora)
Sementara itu setelah acara selesai digelar, pihak panitia langsung mengumumkan hasil lomba Dekranasda Carnival Jateng 2016 dan menetapkan tim carnival Dekranasda Blora sebagai juara pertama dan Gubernur Ganjar Pranowo langsung menyerahkan piala dan penghargaan kepada tim Kabupaten Blora di depan panggung kehormatan.

“Selamat kepada Blora, Blora keren,” ucap Ganjar Pranowo sambil menyalami tim Kabupaten Blora yang saat itu diwakili Ibu Hj.Umi Kulsum Djoko Nugroho selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Blora.

Sesuai informasi yang diperoleh, Blora ditetapkan sebagai pemenang karena kostum yang dibuat orisinalitasnya tinggi dan asli sesuai potensi budaya yang ada di Kabupaten Blora. Begitu juga saat menampilkan kostum di depan juri, ada naskah cerita yang dimainkan oleh pasukan sedulur sikep dengan tokoh sentral Dewi Sri dan 4 kostum lainnya.

“Masing-masing pemeran kostum juga bagus penjiwaannya. Banyak yang mengira kostum barongan dipakai oleh laki-laki. Saking garangnya, padahal yang memakai perempuan,” ujar Aditama, salah satu pemerhati seni.

Kostum Merak Ijo dan Putri Jati Denok, sebagian kostum Blora yang ikut Dekranasda Carnival kemarin. (foto: rs-infoblora)
Terpisah, David Pradana selaku desainer kostum mengaku senang dan bahagia karena baru kali pertama tampil ternyata berhasil menang sebagai juara 1 se Jawa Tengah. 

“Sejak 2 bulan lalu kami menyiapkan 5 kostum utama ini. Alhamdulillah kerja keras kami berbuah manis, bisa mengharumkan nama Blora berkat bantuan banyak pihak mulai dari Komunitas Seni Budaya (KSB) Blora, Viesta Shop Art dan Galery, Bidang Pariwisata DPPKKI dan teman-teman tim rewo-rewo yang setiap hari menemani membuat kostum hingga tengah malam. Semoga tahun depan kita bisa tampil lebih baik dan mempertahankan gelar,” ungkap David.

Kostum sate dan dewi sri, sempat mencuri perhatian juri dalam Dekranasda Carnival Jateng 2016. (foto: ag-infoblora)
Adapun untuk juara kedua diraih oleh tim carnival Kabupaten Banyumas, juara ketiga Kabupaten Kebumen. Harapan 1 diraih Kabupaten Brebesm harapan 2 diraih Kabupaten pati dan harapan 3 diraih Kabupaten Wonosobo. 

(berita sebelumnya : klik 5 Kostum Khas Blora Pukau Ribuan Penonton Dekranasda Carnival Jateng 2016)

Dekranasda Carnival merupakan event tahunan yang diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian acara Pesta Rakyat Hari Ulang Tahun (HUT) Jateng. (ag-infoblora)
Share this article :

2 komentar:

dwi puryoko said...

Tunjukkan bahwa blora itu ada, blora itu bisa, dan blora adalah bagian dari jawa tengah. Tunjukkan kepada semua 'iki lho mbloro' !!!!

Erna Bisma said...

Tinggal tempat wisatanya nih yg harus ditunjukin... aku bangga dadi wong bloro

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved