Blora on News :
Home » , , » Krenova Expo 2016, SMAN 1 Blora Sapu Bersih Juara Kategori Pelajar

Krenova Expo 2016, SMAN 1 Blora Sapu Bersih Juara Kategori Pelajar

infoblora.com on Aug 6, 2016 | 4:58 PM

Pelajar SMAN 1 Blora foto bersama dengan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si setelah menerima piala penghargaan dan uang pembinaan pemenang Krenova 2016. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Lomba kreatifitas dan inovasi masyarakat (krenova) tahun 2016 yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blora sejak beberapa pekan lalu akhirnya diumumkan hasilnya dalam sebuah Pameran Krenova Expo di GOR Mustika, Sabtu (6/8).

Lomba yang dikategorikan dalam 3 tingkatan yakni pelajar, mahasiswa, dan umum tersebut diikuti puluhan karya inovasi masyarakat di bidang teknologi, pangan, serta aneka kerajinan multi guna.

Di kategori pelajar, SMAN 1 Blora berhasil menyabet seluruh piala mulai dari juara satu hingga juara empat. Juara satu diraih oleh Asyfaun Ni’matusholihah dkk dengan karya penemuan olahan murah berbahan limbah berupa kecap dan dodol dari kulit pisang.

Juara kedua diraih oleh Anisa Agustina dengan karya susu waluh si kuning penerang gizi untuk masyarakat. Juara ketiga diraih Diah Kemala Mutmainah dengan karya manisan kulit markisa sebagai inovasi makanan produk SMAN 1 Blora. Sedangkan juara keempat diraih oleh Habib Haidar Dananjaya dengan karya paket murah penerangan rumah.

Para juara Krenova 2016 kategori umum. (foto: ag-infoblora)
“Alhamdulillah, ini diluar dugaan. Semua kejuaraan di kategori pelajar berhasil kita sapu bersih. Bahkan juara favorit juga kita peroleh,” ucap Sri Susilaningsih, salah satu pembimbing tim Krenova SMAN 1 Blora.

Piala penghargaan pun langsung diserahkan oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si dengan didampingi Kepala Bappeda Blora Samgautama Karnajaya, Asisten 2 Bondan Sukarno dan perwakilan Balitbang Provinsi Jawa Tengah.

“Ini karya yang bagus, perlu untuk terus dibina dan dikembangkan agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Tidak semata-mata untuk mengikuti lomba saja lalu selesai. Kita akan lakukan pembinaan lewat dinas terkait. Selamat kepada para pemenang,” ucap Wakil Bupati.

Adapun daftar pemenang krenova kategori mahasiswa dimenangkan oleh Rudi Romadhon dengan karya aplikasi rumah pintar “kendali peralatan listrik rumah menggunakan perintah suara melalui ponsel pintar android” sebagai juara satu.

Juara kedua diraih Bima Dwi Saputra dengan karya sistem pengisian listrik pada powerbank dengan memanfaatkan tenaga angin sepeda motor. Juara ketiga diperoleh oleh Yosep Widyanto dengan karya pemanfaatan dinamo sepeda onthel sebagai sumber energi terbarukan.

Kejuaraan kategori umum untuk juara satu diraih oleh Sutisno dengan karya pembasmi hama tikus bertekanan sebagai pengganti pengasapan secara manual. Juara kedua oleh Marjati dari Japah dengan karya pemanfaatan limbah plastik sebagai bahan baku pembuatan tas serbaguna. Juara ketiga diraih oleh Veri Dwi Susanto dari Jepon dengan karya miniatur berbahan dasar limbah bambu. Juara keempat diraih oleh M Lilik Zubaidi SH dengan karya sabun cair top cling.

Sementara itu, Kepala Bappeda Blora Samgautama Karnajaya menyatakan setelah gelaran pameran krenova kali ini. Beberapa produk unggulan kranova Kabupaten Blora akan diikutkan dalam pameran Krenova tingkat Jawa Tengah.

“Para pemenang, nanti akan kita tampilkan dalam pameran krenova di tingkat Jawa Tengah yang rencananya akan dilaksanakan di Surakarta. Akan dibuka langsung oleh Prasiden Jokowi,” ujarnya.

Setelah pengumuman pemenang dan penyerahan piala penghargaan, acara dilanjutkan dengan pembukaan pameran Krenova yang resmikan langsung oleh Wakil Bupati. Pameran sendiri diikuti oleh 42 stand dari berbagai peserta mulai sekolah, kampus, kelompok kerajinan UMKM, Posyantek, SKPD, hingga PMI. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved