Blora on News :
Home » , , » Kreatif, Lilik Warga Desa Sempu Kunduran Ciptakan Sabun Ajaib “Top Cling”

Kreatif, Lilik Warga Desa Sempu Kunduran Ciptakan Sabun Ajaib “Top Cling”

infoblora.com on Aug 7, 2016 | 12:52 PM

Sabun ajaib Top Cling saat dipamerkan dalam Gebyar Krenova 2016 di GOR Mustika, Minggu (7/8). (foto: rz-idc)
BLORA. Ide-ide kreatif seorang wirausahawan di wilayah Blora terus bermunculan. Kini salah satu warga Desa Sempu Kecamatan Kunduran berhasil menciptakan produk unggulan desa. Bukan kerajinan tangan seperti pada umumnya, namun produk sabun cuci ajaib yang bisa digunakan untuk membersihkan perkakas rumah tangga.

Ialah Lilik Zubaidi yang terpanggil untuk menciptakan produk sabun cuci ajaib varian baru karena semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk kegiatan kebersihan. Tak akan ada yang mengira di sebuah desa yang jauh dari pusat pemerintahan terdapat sebuah pabrik rumahan yang memproduksi beraneka ragam sabun cuci ajaib bermerek “Top Cling”.

Ia menjelaskan bahwa jenis produk yang dihasilkan ialah sabun cuci piring dan peralatan dapur, pembersih lantai, pengkilap body kendaraan, dan semir ban.

“Soal kualitas, kami berani menjamin jika produk Top Cling mampu bersaing dengan produk bermerek lainnya. Tidak hanya soal kualitas, soal harga pun bisa kami jamin lebih terjangkau untuk masyarakat,” katanya ketika ditemui disela-sela acara Gebyar Kreatifitas Inovasi Masyarakat di GOR Mustika Blora (07/08).

Menurut Zubaidi, usaha yang sudah dirintis sejak beberapa bulan yang lalu itu telah menyerap sekiranya 6 orang dari pemuda desa sebagai pekerja. Bukan tidak mungkin nantinya jika produksi terus meningkat jumlah tenaga kerja yang terserap di pabrik Top Cling bisa meningkat berkali-kali lipat.

“Kami juga berharap kedepan bisa memproduksi sabun lebih banyak lagi dari yang semula seribu kemasan perhari menjadi beberapa kali lipat. Selain itu adanya bantuan promosi dari Relawan Inspirasi RZ ICD Sempu nantinya sabun tersebut tidak hanya diminati warga lokal namun bisa dijual di pasar tradisional mau pun swalayan secara luas,” imbuhnya.

Produk yang mendapat Juara IV dalam ajang bergengsi tingkat Kabupaten, Gebyar Kreatifitas Inovasi Masyarakat (Krenova) dan Teknologi Tepat Guna Tahun 2016 itu tidak hanya mengunakan bahan-bahan kimia saja, ia juga mengunakan bahan dari endapan air jerami.

“Produk sabun cair Top Cling ini merupakan hasil inovasi kami. Kami menggunakan endapan air jerami yang banyak tersedia di Desa Sempu. Saat ini wilayah pemasaran produk ini telah merambah ke beberapa kabupaten di Jawa Tengah dan Yogjakarta. Ini membuktikan bahwa inovasi dan kreativitas pemuda desa telah diakui oleh pasar,” lanjut Lilik Zubaidi.

Semantara itu Kepala Desa Sempu, Suwarno mengapresiasi aktivitas inovasi pemberdayaan yang dilakukan oleh sekelompok pemuda desa. Terlebih warga membuat inovasi yang memang menjadi konsumsi sehari-hari.

“Produksi Top Cling secara bertahap telah mengurangi pengangguran di desa. Apalagi campuran bahan produk ini adalah endapan air jerami yang banyak tersedia di desa. Ke depan, kita dorang dalam hal promosi dan semoga dapat menginspirasi banyak pihak sehingga pemerataan ekonomi masyarakat desa dapat terwujud,” pungkasnya.


Adapun Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si saat meninjau stand Top Cling di acara Gebyar Krenova juga mengapresiasi kreatifitas warga Desa Sempu yang berhasil menciptakan produk sabun untuk kebersihan. “Selain berinovasi, membuka lapangan kerja di pedesaan, juga bisa mengangkat perekonomian desa. Kedepan akan kita bina agar bisa dikembangkan lebih bagus lagi,” ujarnya. (jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved