Blora on News :
Home » , » Konservasi DAS Bengawan Solo, Bupati Blora Ajak Warga Cepu Tanam Pohon

Konservasi DAS Bengawan Solo, Bupati Blora Ajak Warga Cepu Tanam Pohon

infoblora.com on Aug 5, 2016 | 1:00 AM

Bupati Blora H.Djoko Nugroho (hem putih) menanam pohon sukun di tanggul DAS Bengawan Solo Kampung Kebunklapa, Cepu. (foto: ka-infoblora)
BLORA. Semakin rusaknya lingkungan di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo sering mengakibatkan adanya tanah longsor, bahkan banjir yang setiap tahun kerap mengancam warga bantaran sungai. Semangat masyarakat untuk merawat lingkungan di sekitar Sungai Bengawan Solo yang berada di Kecamatan Cepu pun dinilai mulai redup.

Guna menumbuhkan kembali semangat merawat lingkungan DAS Bengawan Solo di Kecamatan Cepu tersebut, Kamis (4/8) kemarin Bupati Blora H.Djoko Nugroho beserta segenap peserta Diklat PIM IV tentang Konservasi Air mengajak warga masyarakat Kampung Kebunklapa Kelurahan Cepu untuk melakukan penghijauan di tanggul Bengawan Solo.

“Kami ajak warga masyarakat untuk kembali semangat melakukan gerakan cinta lingkungan, salah satunya dengan penanaman pohon di sepanjang tanggul Bengawan Solo agar sungai ini bisa bersahabat dengan lingkungan. Sungai ini bermanfaat untuk kehidupan, bukan malah membawa bencana. Kalau kita sayang sama alam, Insya Allah alam juga akan sayang dengan kita,” ucap Bupati.

Diharapkan dengan penanaman pohon ini, kedepan tanggul Bengawan Solo semakin kuat dan lingkungan disekitarnya semakin asri. Bupati pun secara simbolis turun langsung menanam bibit pohon sukun, diikuti jajaran Forkopimcam Cepu dan tamu lainnya.

Selain penanaman pohon, Bupati juga melakukan pengecekan badan tanggul Bengawan Solo dengan didampingi tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora.

“Berada di Kebunklapa ini serasa nostalgia. Saya kecil dahulu sering bermain disini. Dahulu dan sekarang keadaannya sangat berbeda. Lingkungan sudah banyak yang beralih fungsi dan rusak. Saya harap dengan kondisi ini, warga sekitar bisa kembali menggalakkan kegiatan cinta lingkungan. Tanam pohon dan merawatnya agar bisa tumbuh besar,” lanjut Bupati.

Camat Cepu, Mei Nariyono, SH menyampaikan bahwa saat ini masyarakat Cepu sudah mulai meninggalkan nilai kebersihan dan penghijauan lingkungan. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan konservasi air serta penghijauan ini diharapkan dapat meningkatkan kembali rasa peduli akan lingkungan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Blora Ir.Wahyu Agustini SE, MM, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Blora Drs.Bondan Sukarno MM, jajaran BPBD Blora, Forkopimcam Cepu dan warga masyarakat Kampung Kebunklapa. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved