Blora on News :
Home » , , » Khidmat, Warga Desa Gandu Gelar Upacara Bendera di Puncak Bukit Pencu

Khidmat, Warga Desa Gandu Gelar Upacara Bendera di Puncak Bukit Pencu

infoblora.com on Aug 18, 2016 | 7:00 AM

Puluhan warga Desa Gandu Kecamatan Bogorejo mendaki Bukit Pencu guna melaksanakan pengibaran bendera merah putih. (foto: tq-infoblora)
BLORA. Cara unik untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 71 dilakukan warga Desa Gandu Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora, Rabu (17/8) kemarin siang. Puluhan warga rela berpanas-panasan mendaki ke puncak Bukit Pencu untuk melaksanakan upacara pengibaran bendera di sela kesibukan aktifitas sehari-hari sebagai petani.

Kepala Desa Gandu, Iwan Sucipto mengatakan bahwa acara pengibaran bendera di puncak Bukit Pencu merupakan insiatif warga sekitar untuk mengenang perjuangan para pahlawan serta mengenalkan kembali potensi Bukit Pencu sebagai lokasi wisata di Kabupaten Blora.

“Dalam rangka memperingati HUT RI ke 72 sekaligus bukti kecintaan kami terhadap lingkungan. Selain upacara pengibaran bendera, kami bersama warga juga melakukan bersih-bersih bukit yakni mengumpulkan sampah plastik yang berserakan sisa para pengunjung,” ungkap Kades Iwan.

Prosesi pengibaran bendera merah putih di Puncak Bukit Pencu. (foto: tq-infoblora)
Sementara itu, setelah pengibaran bendera ada juga beberapa warga secara swadaya melakukan pengecatan pagar puncak Bukit Pencu agar tampak lebih rapi dan bersih.

“Sebelumnya pagar ini banyak coretan tipex, cat dan spidol dari aksi vandalisme para pengunjung yang rata-rata kaum muda. Sehingga kini kami cat ulang agar lebih bersih,” kata Jatman, salah satu pemuda yang sedang ngecat.

Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si memberikan apresiasi terhadap kegiatan warga Desa Gandu yang rela naik bukit untuk melaksanakan pengibaran bendera Sang Merah Putih dan melakukan bersih-bersih lingkungan.

“Ini kegiatan yang positif dan patut untuk diapresiasi, mengingat Bukit Pencu merupakan salah satu potensi wisata alam di Kabupaten Blora. Dengan adanya kegiatan ini secara langsung bisa ikut kembali membangkitkan potensi kunjungan Bukit Pencu. Kami dari Pemkab akan mendukung pengembangan Bukit Pencu kedepan agar lebih tertata dari segi keamanan pengunjung dan penataan kawasan melalui dinas terkait,” ujar Wabup.

Peserta upacara memberikan penghormatan kepada bendera merah putih yang dikibarkan di Puncak Bukit Pencu. (foto: tq-infoblora)
Adapun Kabid Pariwisata DPPKKKI Blora, Sugiyanto menyatakan bahwa pihaknya pada tahun 2017 mendatang akan mulai menggarap serius potensi wisata di Bukit Pencu. “Tahun 2017 nanti kita fokus menata potensi wisata di Bukit Pencu Desa Gandu Kecamatan Bogorejo dan Waduk Greneng Tunjungan. Untuk Bukit Pencu akan diajukan pembangunan jalan akses pendakian yang lebih nyaman dilengkapi dengan pagar,” paparnya.

Diakui, Bukit Pencu memang merupakan potensi wisata yang baru dikenal kalayak umum dalam 2 tahun terakhir ini. Mana Bukit Pencu sendiri mulai dikenal luas dari adanya media sosial, kala itu banyak pengunjung yang mengupload foto-foto Bukit Pencu ke akun twitter, instagram dan path. (rs-infoblora)
Share this article :
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved