Blora on News :
Home » , » Jeruk Siam dan Jeruk Pamelo Asal Blora Menangi Kontes Jeruk Nasional 2016

Jeruk Siam dan Jeruk Pamelo Asal Blora Menangi Kontes Jeruk Nasional 2016

infoblora.com on Aug 9, 2016 | 9:01 AM

Tim juri saat menilai Kontes Jeruk Nasional BITE 2016 di Batu Malang, awal Agustus kemarin. Jeruk asal Blora raih juara di kategori siam dan pamelo. (foto: dok-balitjestro)
BLORA. Komoditas buah-buahan asal Blora kini mulai naik daun, dan ternyata tidak kalah dengan kualitas buah-buahan dari daerah lain di Indonesia. Setelah Sawo Bangoan Jiken dapat juara di Soporadan Agro Expo, dan kelengkeng Kebun Buah Klapanan Tunjungan dapat pujian dari beberapa pejabat Kementerian LHK, kini giliran 2 varietas jeruk asal Blora mampu meraih juara di kejuaraan buah nasional.

Yakni Jeruk Siam dari Desa Tanggel Kecamatan Randublatung dan Jeruk Pamelo dari Desa Tempellemahbang yang berhasil meraih juara di event Kontes Buah Nasional Balitjestro Innovation Technology Expo (BITE) 2016 di Kota Batu, Malang Jawa Timur, 4 Agustus kemarin.

“Ya, benar. Alhamdulillah 2 varietas jeruk asal Blora bisa meraih juara di event nasional. Jeruk siam milik Pak Samudi Desa Tanggel Randublatung mendapat juara tiga, dan jeruk pamelo milik Pak Sumarjo Desa Tempellemahbang Jepon juga dapat juara 3,” ucap Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Blora, Ir.Reni Miharti, kemarin.

Kepala Dintanbunakikan sedang berada di Kebun Jeruk Siam Desa Tanggel
Kecamatan Randublatung. (foto: dok-dintan)
Dirinya mengaku, baru kali ini Dintanbunakikan Blora mengirimkan jeruk siam dari Tanggel untuk ikut kejuaraan nasional dan ternyata berhasil meraih juara. “Meskipun juara tiga, kami tetap bersyukur. Ini berarti produk buah-buahan ddari Blora punya potensi untuk dikembangkan lagi lebih baik kedepannya. Kami jadikan ini motivasi untuk terus membina para petani jeruk di Blora agar nantinya kualitas jeruk semakin baik sehingga bisa juara,” lanjutnya.

Pihaknya menyampaikan bahwa event BITE 2016 merupakan ajang untuk mencari buah-buahan unggulan, salah satunya jeruk. “Dengan hadiah total Rp 40 juta, event ini bertujuan untuk mendapatkan jenis jeruk yang memiliki kualitas istimewa dan berdaya saing tinggi sehingga pemenangnya nanti diharap bisa menjadi komoditas yang dapat diunggulkan sebagai pengganti buah jeruk impor,” paparnya.

Adapun daftar pemenang Kontes Jeruk Nasional BITE 2016 di kategori jeruk siam, juara satu diraih jeruk siam dari Medan Sumatra Utara atas nama Rana Farasati dengan nilai total 214, juara kedua diraih jeruk siam dari Banjar Kalimantan Selatan atas nama H.Selamat dengan raihan nilai 209, dan juara ketigas diraih jeruk siam asal Desa Tanggel Randublatung, Blora atas nama Samudi dengan nilai 205.

Aneka jeruk dari berbagai daerah se Indonesia mengikuti kontes jeruk nasional BITE 2016. (foto: balitjestro)
Sedangkan kategori jeruk pamelo, juara satu diraih jeruk pamelo asal Kudus atas nama Solikin dengan nilai total 213, juara kedua diraih keruk pamelo asal Cilacap atas nama Nardian dengan nilai total 202, dan juara ketiga diraih jeruk pamelo asal Tempellemahbang Jepon, Blora atas nama Sumarjo dengan nilai 200.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Info Blora, penilaian kontes jeruk ini dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari pakar jeruk peneliti Balitjestro, akademisi yakni dosen IPB, dosen Universitas Brawijaya, dan praktisi Kusuma Agrowisata Batu, hingga eksportir.

(berita sebelumnya : klik - Bupati Panen Raya Jeruk Siam Seluas 100 Ha di Desa Tanggel Randublatung)

Kriteria penilaiannya untuk jeruk siam dilihat dari brix, rasa, tingkat kemulusan kulit buah, tingkat kemudahan pengupasan kulit buah, jumlah biji dan volume jus. Jeruk pamelo sendiri dinilai dari brix, rasa, tingkat meulusan kulit buah, warna daging buah, tingkat kerekatan antar juring dan jumlah biji. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved