Blora on News :
Home » , , » 75 Anggota Paskibraka Kabupaten Blora 2016 Dikukuhkan

75 Anggota Paskibraka Kabupaten Blora 2016 Dikukuhkan

infoblora.com on Aug 15, 2016 | 11:30 PM

Bupati mengambil janji kepada seluruh anggota Paskibraka saat pengukuhan, Senin malam (15/8). (foto: ag-infoblora)
BLORA. Setelah diseleksi sejak bulan Mei lalu, serta digembleng dengan pendidikan bela negara dan materi baris berbaris, akhirnya 75 pelajar SMA/SMK/MA sederajat yang terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Blora dikukuhkan oleh Bupati H.Djoko Nugroho, Senin malam (15/8).

Pengukuhan bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati dengan disaksikan Wakil Bupati H.Arief Rohman, jajaran Forkopimda, pimpinan SKPD, kepala sekolah dan seluruh keluarga. Usai diambil janji oleh Bupati, satu persatu anggota Paskibraka memberikan hormat dan mencium bendera sang Merah Putih sebagai lambang kesetiaan kepada panji-panji NKRI.

“Kalian adalah putra putri terpilih, generasi penerus bangsa yang menjadi contoh untuk pemuda pemudi lainnya. Keberhasilan Upacara Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI besok Rabu, semuanya ada di tanganmu. Laksanakan amanah ini sebaik-baiknya. Saya yakin, setelah digembleng kini mental dan fisik kalian semua sudah kuat,” ucap Bupati di depan Paskibraka.

Selain menyemangati para anggota Paskibraka, Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh sekolah dan orang tua yang telah memberikan dukungan semangat kepada anak-anaknya sehingga tetap sehat dan kuat mengikuti sederet tahapan seleksi hingga pengukuhan.

“Besok kalau anak-anaknya bertugas monggo ditonton Pak, Buk. Terimakasih sudah memberikan dukungan dan semangat untuk mereka,” lanjut Bupati.

Acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama antara anggota Paskibraka dengan Bupati, Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda. Diakhiri dengan ramah tamah dan hiburan unjuk bakat perwakilan anggota Paskibraka.

Adapun Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dindikpora Blora, Sukartono SE, MM selaku ketua panitia seleksi Paskibraka menyatakan bahwa tahapan seleksi telah dimulai sejak bulan Mei 2016 dengan melibatkan perwakilan pelajar SMA/SMK/MA se Kabupaten Blora.

“Awalnya ada 200 lebih pelajar yang mengikuti seleksi dari tahap awal. Oleh tim pelatih yang terdiri dari anggota TNI akhirnya hanya meloloskan 75 pelajar. Ada 44 pelajar laki-laki dan 31 pelajar perempuan,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, konsep Paskibraka tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. “Sebelumnya untuk pasukan 45 mengambil dari anggota TNI/POLRI, namun tahun ini semuanya dari pelajar. Semua akan bertugas dua kali, pada saat upacara pengibaran bendera dan upacara penurunan bendera di sore harinya,” jelasnya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved