Blora on News :
Home » , » Terbagi 2 Kloter, 503 Calon Jamaah Haji Blora Mulai Berangkat Akhir Agustus

Terbagi 2 Kloter, 503 Calon Jamaah Haji Blora Mulai Berangkat Akhir Agustus

infoblora.com on Jul 19, 2016 | 6:06 AM

Jajaran Forkopimda hadiri acara manasik calon haji Kabupaten Blora tahun 2016/1437 H. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Tidak lama lagi calon jamaah haji (calhaj) Kabupaten Blora tahun 2016 akan segera diberangkatkan ke tanah suci untuk menunaikan rukun islam ke 5. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blora pun mulai melakukan persiapan akhir jelang keberangkatan bulan depan.

Pada hari Senin (18/7) kemarin, Kemenag Blora telah menyelenggarakan manasik haji tingkat kabupaten yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si, Ketua DPRD Bambang Susilo, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Blora Abdullah Aminudin, Kepala Kantor Kemenag Tri Hidayat dan seluruh calhaj.

“Tahun ini yang akan berangkat ada 503 calhaj, 241 laki-laki dan 262 perempuan terbagi dalam 2 kelompok terbang (kloter-red). Namun karena kemarin ada yang meninggal satu sehingga hanya 502,” ucap Tri Hidayat, Kepala Kemenag Blora.

Para calon haji akan berangkat pada kloter 39 dan 65. (foto: ag-infoblora)
“Kelompok pertama sebanyak 355 calhaj masuk dalam kloter 39. Kloter ini semuanya dari Kabupaten Blora, akan berangkat pada tanggal 24 Agustus 2016. Untuk jam nanti akan diumumkan menyusul,” lanjut Tri Hidayat.

Sedangkan sisanya, menurut Pak Tri (sapaan akrab Tri Hidayat) sebanyak 148 calhaj akan digabungkan dengan dengan calhaj dari Rembang dan Jepara dalam kloter 65. “Kloter 65 akan berangkat pada tanggal 1 September,” terangnya.

Adapun Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh jamaah calon haji Kabupaten Blora yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Panjenengan semua yang mendapat kesempatan ke tanah suci tahun ini sudah sepantasnya bersyukur, karena masih banyak diantara saudara-saudara kita yang seharusnya berangkat, akan tetapi harus tertunda keberangkatannya karena berbagai hal. Oleh karenanya, kepada panjenengan semua agar dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji, baik persiapan fisik maupun mental, disamping juga pemahaman tentang tata cara pelaksanaan haji. Dengan demikian para jamaah calon haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan Syariat Islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna. Semoga mabrur nggih Pak, Buk, amin,” ucap Wabup.

Sementara itu, Ketua DPRD H.Bambang Susilo berpesan kepada seluruh calhaj Kabupaten Blora agar setelah tiba di Arab Saudi untuk tidak langsung aktif melaksanakan kegiatan ibadah. Namun harus melakukan penyesuaian diri terlebih dahulu.

“Semoga perjalanan haji nanti lancar. Kalau sudah di Arab jangan langsung aktif beribadah, lakukan penyesuaian iklim terlebih dahulu selama 2 atau 3 hari. Karena iklim Indonesia dengan Arab itu sangat berbeda. Agar tubuh tidak sakit, semua calhaj bisa melakukan penyesuaian diri terlebih dahulu,” kata H.Bambang Susilo.

Perlu diketahui, sebelum mengikuti manasik haji tingkat kabupaten, semua calhaj telah mengikuti kegiatan manasik di masing-masing kecamatan beberapa waktu lalu. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved