Blora on News :
Home » , » Rayakan Lebaran Ketupat, Warga Blora Gelar Syukuran Hingga Panjat Pinang

Rayakan Lebaran Ketupat, Warga Blora Gelar Syukuran Hingga Panjat Pinang

infoblora.com on Jul 13, 2016 | 7:00 AM

Warga Desa Plosorejo memeriahkan panjat pinang kupatan
semalam. (foto: an-infoblora)
BLORA. Tepat di hari Rabu (13/7) ini atau sepekan setelah perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1437 H, masyarakat muslim di Indonesia sedang merayakan Lebaran Ketupat atau Kupatan. Termasuk warga Blora yang sejak kemarin sibuk menyiapkan menu ketupat sayur dan berbagai kegiatan untuk memeriahkan kupatan tahun ini.

Sebagai contoh warga Desa Mojorembun Kecamatan Kradenan yang semalam, usai maghrib sudah terlebih dahulu menggelar bancaan (syukuran-red) di Balaidesa setempat dengan saling bertukar ambeng berisi ketupat, lepet dan aneka macam sayur lodeh.

“Ini sebagai bentuk rasa syukur setelah sepekan puasa sunah syawal usai Idul Fitri. Kita berkumpul bersama warga lainnya memanjatkan doa dan bertukar ambeng. Kerukunan masyarakat tercermin saat acara berlangsung,” ucap Ahmad Rifai, salah satu warga Mojorembun, semalam.

Lain lagi cara warga Desa Plosorejo Kecamatan Banjarejo untuk merayakan lebaran ketupat atau kupatan. Usai sholat isyak, di lapangan desa setempat para pemuda semalam menggelar panjat pinang ketupat berhadiah peralatan ibadah, peralatan olahraga dan sejumlah uang.

“Panjat pinang kupatan kami selenggarakan untuk memeriahkan ajang silahturahmi warga setelah Idul Fitri dan lebaran ketupat. Sekaligus pelepasan warga desa yang hendak kembali merantau ke luar kota. Alhamdulillah antusias warga bagus, acara berlangsung meriah,” ucap Mualimin, ketua panitia Panjat Pinang Kupatan, semalam.

Syukuran lebaran ketupat antar warga di salah satu masjid Desa Trembulrejo Kecamatan Ngawen. (foto: wahyu)
Kepala Desa Plosorejo, Muchlas mengatakan bahwa pihak desa sangat mendukung kegiatan pemuda dalam rangka memeriahkan Idul Fitri dan Lebaran Ketupat dengan berbagai kegiatan positif yang bertujuan menjalin silahturahmi.

Panjat tebing kupatan sendiri setinggi 5 meter dengan diikuti oleh 7 tim yang masing-masing terdiri dari 3 orang. “Alhamdulillah seru banget mas, memeriahkan kupatan dan halal bihalal pemuda desa,” kata Anwar, salah satu warga.

Di lain tempat, Rabu pagi usai subuh warga Karangjati, Trembulrejo Ngawen dan Dukuhan Mlangsen juga melaksanakan bancaan kupatan di masjid setempat. Karena anak-anak sekolah masih libur panjang, tak ayal masjid pun dipenuhi anak-anak hingga orang tua untuk mengikuti bancaan, makan ketupat rame-rame.


“Ini acara tahunan setiap lebaran ketupat, kita kumpul di masjid bedoa dan bersedekah berbagi ketupat sayur dengan sesama,” terang Muslih, salah satu takmir Masjid Al Yahya Mlangsen, usai syukuran kupatan, pagi tadi. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved