Blora on News :
Home » , » Jumat Besok, Blora Bakal Terima Penghargaan Adipura dari Presiden

Jumat Besok, Blora Bakal Terima Penghargaan Adipura dari Presiden

infoblora.com on Jul 21, 2016 | 5:00 PM

Tugu Adipura berdiri kokoh di tengah Jl.Ahmad Yani Blora, bukti bahwa kabupaten ujung timur Jateng ini pernah meraih penghargaan kota terbersih beberapa tahun silam. (foto: dok-sm)
BLORA. Setelah beberapa tahun gagal meraih penghargaan Adipura, akhirnya tahun 2016 ini Kabupaten Blora berhasil meraih 1 dari 5 kategori Adipura yang diberikan oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH). Hal tersebut dipastikan oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Blora Ir.Wahyu Agustini SE, MM saat ditemui Info Blora setelah rapat persiapan pembentukan desa wisata berbasis lingkungan di Setda Blora, kemarin.

“Alhamdulillah tahun ini kita berhasil meraih penghargaan Adipura Buana. Penghargaan akan diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi dalam puncak acara peringatan Hari Lingkungan Hidup tingkat Nasional di Siak Riau, Jumat (22/7),” ucapnya.

Adipura Buana menurutnya adalah penghargaan dari Kementerian KLH untuk daerah atau kota yang pemerintahnya berhasil menggabungkan unsur sosial dan lingkungan dalam membentuk kota yang layak huni. Hal ini tercermin pada peran serta masyarakat yang peduli pada lingkungan.

“Sebelumnya pada 15 Juni lalu Bupati telah mempresentasikan kondisi Kabupaten Blora di depan tim penilai Adipura di Jakarta. Saat itu Blora dinominasikan menerima penghargaan Adipura Kirana, namun setelah diumumkan justru menerima Adipura Buana. Ini prestasi yang membanggakan,” lanjutnya.

Menurut rencana, penghargaan tersebut akan diterima langsung oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si dari Presiden di Siak Riau, Jumat besok. Pasalnya Bupati H.Djoko Nugroho berhalangan hadir karena sudah ada agenda lainnya yang tidak kalah penting.

“Saya ditugasi Pak Bupati untuk menerima Adipura Buana ke Siak. Hari ini berangkat bersama-sama dengan BLH menuju Siak. Doakan semoga perjalanan kami lancar sehingga bisa membawa pulang piala penghargaan yang berhasil diraih warga Blora. Ini bukti bahwa warga Blora peduli dengan lingkungan,” terang Wakil Bupati, saat dihubungi Info Blora, pagi tadi

Adapun beberapa lokasi yang menjadi titik penilaian kategori Adipura menurutnya adalah TPA Temurejo, Jembatan Sungai Lusi Bangkle, Pasar Blora, Jalan Pemuda, Komplek Perumahan Kaplingan Kridosono, Bank Sampah Budidoyo, Tempat Pembuangan Sampah Sementara, pengelolaan, pengelolaan sampah perkotaan di Jlubang, Taman Keanekaragaman Hayati SMAN 2 Blora.

Perlu diketahui, mulai tahun 2016 ini penghargaan Adipura dibagi menjadi 5 kategori yakni Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Karya, Adipura Bakti dan Adipura Paripurna. Sedangkan sebelumnya penghargaan kota terbersih ini hanya dibagi dalam 2 kategori yakni Adipura dan Adipura Kencana. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved