Blora on News :
Home » , » Dijadikan Oleh-oleh, Sambel Pecel Kering Khas Blora Diburu Pemudik

Dijadikan Oleh-oleh, Sambel Pecel Kering Khas Blora Diburu Pemudik

infoblora.com on Jul 9, 2016 | 6:00 AM

Bu Sri sedang menakar sambel pecel kering yang laris dibeli
pemudik untuk oleh-oleh. (foto: rs-infoblora)
BLORA. Ternyata tidak hanya sate ayam, sate kambing dan soto klethuk saja yang diburu pemudik saat pulang kampung ke Blora. Sambel pecel kering khas Blora juga ikut diserbu pemudik untuk dijadikan oleh-oleh di kota perantauan. Beberapa penjual sambel pecel di kawasan Pasar Blora pun mengalami peningkatan permintaan menjelang lebaran hingga jelang arus balik.

Salah satunya Bu Sri (38) penjual sambel pecel kering di gerbang masuk pasar rel Jl.MR Iskandar ini setiap harinya bisa menghabiskan 50 kg lebih, padahal pada hari biasa hanya bisa menjual sambel pecel sebanyak 20 kg.

“Setiap lebaran pasti permintaan meningkat mas. Banyak yang beli untuk oleh-oleh dibawa pulang ke Jakarta, Bandung, Surabaya dll. Rata-rata mereka adalah warga Blora yang merantau. Agar tetap bisa menyantap enaknya pecel khas Blora, jadi beli sambel kering. Sedangkan sayurannya bisa dibeli di kota perantauannya. Soalnya sambel pecel Blora itu beda dengan daerah lain,” ujar Sri, penjual sambel asal Dukuh Kajangan Kelurahan Sonorejo ini.

Selain itu, menurut Sri juga ada warga Blora yang merantau dan buka warung pecel di perantauan. Setiap bulan dirinya rutin mengirimkan paket sambel pecel ke pelanggan nya tersebut melalui jasa pengantaran barang.

“Saya jamin sambel pecel kering buatan saya bisa tahan hingga sebulan mas. Apalagi kalau dimasukkan kulkas bisa lebih awet lagi,” lanjut Sri, Jumat (8/6) kemarin.

Adapun harga per kilogram nya ia jual Rp 30 ribu. “Harga kacang tanah naik mas, cabe juga naik. Rp 30 ribu itu sudah pas. Saya bisa layani pembelian minimal seperempat kilogram. Ini saja kalau siang habis, sorenya bikin sambel lagi. Banyak juga pembeli yang datang ke rumah,” terang Sri.

Sementara itu Damiati salah satu pemudik asli Todanan Blora yang kini tinggal di Jakarta Selatan mengaku beli sambel pecel kering hingga 12 kilogram untuk oleh-oleh. “Kemarin awalnya beli 2 kg, ternyata enak. Jadi beli lagi 5 kg dan 5 kg lagi untuk oleh-oleh. Di Jakarta jarang ada pecel, apalagi sambel yang enak seperti ini,” ujar Damiati.

“Kalau saja ada yang jualan sambel pecel kering secara online pasti laris mas,” harapnya sambil tersenyum. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved