Blora on News :
Home » , » City Gas di Desa Sumber Kradenan Akan Dialirkan Mulai 29 Juli Mendatang

City Gas di Desa Sumber Kradenan Akan Dialirkan Mulai 29 Juli Mendatang

infoblora.com on Jul 20, 2016 | 3:00 PM

Bupati Blora H.Djoko Nugroho (hem putih tengah) mengikuti rapat koordinasi pengaliran jargas di PT.PGN Semarang, Selasa (19/7). (foto: dok-ib)
BLORA. Impian warga Desa Sumber Kecamatan Kradenan dan sekitarnya yang telah lama menginginkan terwujudnya jaringan gas rumah tangga atau city gas, nampaknya akan segera terwujud dalam waktu dekat ini. Setelah melalui tahapan panjang sejak 2013 lalu, akhirnya Bupati Blora menyatakan akhir bulan ini city gas akan dimulai.

“Pengaliran gas rumah tangga (gas in) rencananya akan dilakukan 29 Juli nanti, itu berdasarkan hasil rapat tanggal 19 Juli kemarin di PT.PGN Semarang bersama Pertamina EP Cepu, wakil SKK Migas, Dirjen Migas dan Kepala Dinas ESDM. Namun sebelumnya akan dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terlebih dahulu,” ucap Bupati Blora Djoko Nugroho, kemarin.


Menurut Bupati, sosialisasi pengaliran gas kepada masyarakat akan dilakukan pada 29 Juli 2016 pagi hari dan sore harinya langsung dilaksanakan gas in. “Dalam rapat kemarin sudah disepakati hal tersebut, kini tinggal nunggu pelaksanaan dan penyelesaian dokumen administrasinya,” lanjut Bupati.


Sementara itu Katia Dewi S perwakilan SKK Migas menyampaikan bahwa penyaluran gas bumi untuk pemenuhan kebutuhan gas jaringan distribusi untuk rumah tangga di Kabupaten Blora dapat dilakukan bersamaan dengan penyelesaian dokumen komersial dan dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan.


“Penyaluran gas bumi tersebut tidak bisa dipisahkan dari aspek komersial yang akan dituangkan dalam Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) antara masyarakat dengan PGN/Pertamina EP,” terangnya.


Adapun pejabat Ditjen Migas Kementerian ESDM, Sekaryawan menekankan bahwa penyaluran jaringan gas (jargas) di Blora harus memenuhi minimum requirement aspek safety. “Untuk memenuhi itu, pada outlet metering custody Jargas Blora perlu terlebih dahulu terpasang fasilitas SSOV,” kata Sekaryawan.


Ditjen Migas Kementerian ESDM pun akan segera mengeluarkan surat penugasan kepada PT.PGN terkait pengadaan dan pemasangan fasilitas SSOV termaksud selama menunggu pengadaan SDV yang akan dikoordinasikan Pertamina EP kepada SKK Migas.


“Sebelum jargas dialirkan pada 29 Juli nanti, kita akan gelar rapat finalisasi terlebih dahulu pada 26 Juli sehingga pada hari H bisa dialirkan sesuai rencana,” lanjut Sekaryawan.


Agus Amperianto, Field Manager Pertamina EP (PEP) Asset 4 Cepu juga menyatakan bahwa pihak PEP mendukung pemasangan SSOV guna pengaman jargas. “Untuk SOP jargas, kita masih menunggu pengesahan SOP yang masih berada di PGN,” ujar Agus.


Pihak PGN pun langsung merespon, secepatnya akan menyerahkan SOP Jargas Blora kepada PEP dengan telah ditandatangani terlebih dahulu oleh PGN. “Secepatnya SOP akan dibereskan,” tegas Edy Sukamto, Kepala PGN Area Semarang.


Terpisah, Kepala Desa Sumber Kecamatan Kradenan Zaki Bachroni menyambut baik kabar segera dialirkannya Jargas di wilayahnya. “Sudah lama masyarakat menantikan jargas untuk dialirkan. Pasalnya pipa sudah terpasang sejak 2013 lalu. Jika ini benar terwujud maka Alhamdulillah,” ucapnya.


Sekedar mengingatkan, gas yang akan dialirkan tersebut akan diambilkan dari CPP PPGJ Gas Blok Gundih yang ada di Desa Sumber. Selama ini gas tersebut dialirkan ke Tambaklorok Semarang untuk pembangkit tenaga listrik. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved