Blora on News :
Home » , » Aksi Sapta Pesona di Tempuran, Blora Jadi Salah Satu Unggulan Wisata Jateng

Aksi Sapta Pesona di Tempuran, Blora Jadi Salah Satu Unggulan Wisata Jateng

infoblora.com on Jul 18, 2016 | 5:57 AM

Bersama anak-anak SOTR dan Forkopimcam Blora Kota, Wakil Bupati foto bersama usai melakukan bersih lingkungan di sekitar Waduk Tempuran dalam Aksi Sapta Pesona, Minggu (17/7). (foto: ag-infoblora)
BLORA. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora pada hari Minggu (17/7) kemarin menggelar kegiatan Aksi Sapta Pesona di lingkungan Objek Wisata Waduk Tempuran Blora.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut diikuti oleh ratusan peserta baik dari pelaku wisata, pemuda karang taruna, awak media, komunitas seniman, ikatan duta wisata Kab.Blora, hingga anak-anak yang tergabung dalam wadah Sinau On The Road (SOTR) Kradenan dan masyarakat umum.

Semua peserta diberikan pemahaman tentang Aksi Sapta Pesona untuk memajukan potensi parawisata di sebuah daerah guna meningkatkan kunjungan wisatawan. Untuk diketahui, Sapta Pesona sendiri terdiri dari upaya perwujudan rasa Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan.

Kepala Desa (Kades) Tempuran Sri Hartini dalam sambutannya mengucapkan terimakasih karena tetah memilih wilayahnya untuk dijadikan lokasi acara Aksi Sapta Pesona.

Peserta Aksi Sapta Pesona bersih-bersih lingkungan di sekitar Waduk Tempuran
Blora. (foto: ag-infoblora)
“Desa kami yang terletak di sekitar Waduk Tempuran ini memang telah ditetapkan Pemkab Blora sebagai salah satu desa wisata dengan berbagai potensi mulai kuliner, wisata waduknya, ada kesenian barongan, kethoprak, hingga pertanian. Dengan adanya acara ini kami berharap Desa Tempuran bisa lebih bersih, lebih dikenal dan berdampak positif bagi perkembangan ekonomi warga desa,” ucap Sri Hartini.

Begitu juga dengan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si yang sangat mengapresiasi acara Sapta Pesona di Waduk Tempuran sebagai titik awal penataan dan peningkatan kepariwisataan, termasuk pengembangan desa wisata di Kabupaten Blora.

“Tempuran ini sudah banyak dikenal orang luar kota karena suasananya yang asri dan kulinernya yang enak. Ini salah satu potensi wisata andalan Blora yang harus tetap dijaga, sambil terus mengembangkan potensi wisata lainnya. Kedepan kita juga akan fokus membentuk desa wisata sumur minyak tua di Desa Ledok Kecamatan Sambong,” ucap Wakil Bupati.

Adapun Supomo SE, MK, perwakilan Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Disbudpar Jateng mengatakan alasan memilih Blora sebagai lokasi pelaksanaan Aksi Sapta Pesona karena kabupaten di ujung timur ini memiliki kekhasan yang tidak dimiliki daerah lainnya di Jawa Tengah.

“Blora punya keunikan, kalau ngomong Samin ya Blora. Ini potensi yang membedakan dengan daerah lain. Apalagi ada beberapa kampung Samin yang mulai ditata sebagai desa wisata. Selain itu kesenian Barongan di Blora juga masih terjaga dan ngremboko sehingga ini juga menjadi kekhasan yang bisa digunakan untuk menarik wisatawan,” ujar Supomo.

Perlu diketahui, menurut Supomo Kabupaten Blora termasuk salah satu destinasi unggulan pariwisata dari 6 lokasi yang ada di Jateng. “Di Jateng ada 4 paket destinasi wisata unggulan nasional, yakni Borobudur, Sangiran-Solo, Dieng, dan Semarang Karimunjawa. Namun oleh Pemprov ditambah lagi 2 paket yakni Blora-Rembang dan Tegal-Baturaden. Ini kesempatan Blora untuk menata lebih baik potensi wisatanya,” jelasnya.

Usai sambutan-sambutan, Aksi Sapta Pesona dilanjutkan dengan bersih-bersih lingkungan yang ditandai dengan penyerahan alat kebersihan dari Disbudpar Jateng kepada Wakil Bupati dan seluruh peserta. Mereka berbaur, bergotong royong membersihkan lingkungan di sekitar Waduk Tempuran.

Ikut memeriahkan suasana dihadirkan pertunjukan seni tayub khas Blora dan beberapa stand produk unggulan dari desa wisata Kabupaten Blora seperti keramik Balong, produk pertanian waluh orange Tempuran, batik sikep Klopoduwur dan lainnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabag Humas dan Protokol Setda Blora, Irfan A Iswandaru, Camat Blora Kota Kunto Aji, Kapolsek Blora Kota AKP Sudarno, Danramil Blora Kota Kapten Chb M.Rifai, dan tokoh sedulur sikep (Samin) Mbah Lasiyo dari Kampung Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved