Blora on News :
Home » , , » Petugas Gabungan Temukan Daging Glonggongan Dijual di Pasar Jepon

Petugas Gabungan Temukan Daging Glonggongan Dijual di Pasar Jepon

infoblora.com on Jun 15, 2016 | 8:00 AM

Tim gabungan saat memeriksa daging sapi di Pasar Rakyat Jepon, Selasa (14/6) kemarin. (foto: teg-ib)
BLORA. Petugas gabungan dari Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UMUM dan Satpol PP Kabupaten Blora menemukan daging sapi gelonggongan yang dijual bebas di Pasar Rakyat Jepon saat melakukan inspeksi mendadak (sidak), Selasa (14/6) kemarin.

Daging berisi kadar air yang cukup tinggi ini hampir ditemukan pada setiap pedagang di Pasar Rakyat Jepon yang berada di Kelurahan Jepon, Kecamatan Jepon ini.

Yopy Eka Marestianita Petugas Badan POM Dinkes Blora mengatakan bahwa dalam beberapa waktu kedepan ini pihaknya akan terus melakukan pemantauan daging sapi gelonggongan di wilayah Blora hingga menjelang Idul Fitri.

“Dalam kegiatan ini, kami menemukan daging glonggongan di Pasar Jepon. Selama bulan ramadhan ini pemeriksaan akan dilakukan secara berkelanjutan,” kata Yopy Eka Marestianita.

Menurutnya, penjualan daging gelonggongan tersebut dilarang. Sebab, proses penjualannya menyalahi ketentuan yang berlaku. Sebab, sapi yang hendak dijual digerojok air sebanyak-banyaknya sehingga bobot dagingnya lebih berat. Namun, setelah itu daging menjadi susut atau berkurang. Akibatnya, penjualan daging gelonggongan merugikan konsumen.

“Kami berikan teguran kepada pedagang daging glonggongan dan melarang para penjual untuk mengambil daging glonggongan lagi,” ujarnya.

Yopy menjelaskan selain daging glonggogan juga di ditemukan daging ayam yang di suntik dan hal tersebut juga ditemukan hampir di setiap pedagang di pasar Jepon.

“Tadi juga di temukan daging yang tidak layak jual dan kami sudah suruh untuk membuangnya, sebab itu nanti bisa merugikan konsumen dari segi kesehatan,” ungkapnya.

Selain menemukan daging- daging tak layak konsumsi, petugas juga mengambil sampel daging untuk diuji laboratorium terkait kelayakan daging untuk konsumsi. “Ini kami ambil sempel daging apakah layak jual apa tidak,” imbuhnya.


Tim gabungan yang terdiri atas Dinkes, Disperindagkop, Satpol PP ini melaksanakan tugas untuk mendeteksi sejak dini potensi penjualan daging sapi dan ayam agar aman bagi konsumen menjelang kebaran. “Kami pantau terus hingga lebaran nanti,” katanya. (teg-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved