Blora on News :
Home » , , » Pemkab Tetap Akan Bangun Pasar Blora di Gabus

Pemkab Tetap Akan Bangun Pasar Blora di Gabus

infoblora.com on Jun 2, 2016 | 1:30 PM

Mewakili Bupati, Wabup H.Arief Rohman saat membuka Musrenbang RPJMD di Bappeda menyampaikan rencana pembangunan Pasar Blora di Gabus berlanjut. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Rencana pembangunan Pasar Blora di kawasan Gabus Kelurahan Mlangsen oleh Pemkab melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM nampaknya tetap berlanjut. Dalam rapat musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 di Bappeda Blora, Rabu (1/6) kemarin, Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si menyampaikan perihal tersebut.

“Pemkab akan tetap membangun pasar baru di kawasan Gabus untuk memberi wadah para pedagang yang berjualan di bahu jalan sepanjang Jl.MR Iskandar dan seluruh pedagang pasar rel yang menempati lahan milik PT.KAI. Setelah pasar baru di Gabus selesai dibangun, baru giliran Pasar Induk direvitalisasi. Jadi nanti akan ada 2 pasar di Blora,” ucap Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si, mewakili Bupati H.Djoko Nugroho yang berhalangan hadir karena sedang bertugas di Jakarta.

Menurutnya belum lama ini Kepala Aset PT.KAI telah datang ke Blora dan menyampaikan bahwa cepat atau lambat lahan milik PT.KAI yang merupakan bekas jalur rel akan diminta untuk penataan aset milik PT.KAI.

“Kita harus secepatnya mengantisipasi pengambilan aset milik PT.KAI sehingga harus memberikan tempat berjualan kepada para pedagang yang berjualan di pasar rel. Sehingga jika sewaktu-waktu aset tersebut diminta untuk dilakukan penataan, Pemkab sudah siap dengan adanya Pasar Blora yang baru di Gabus,” lanjut Arief Rohman.

Ia pun memastikan bahwa isu akan dibangunnya mall di lokasi Pasar Induk Blora yang selama ini berhembus di kalangan para pedagang itu tidak benar. “Tidak ada yang akan membangun mall, saya harap masyarakat terutama para pedagang tidak mudah mempercayai kabar burung yang tidak jelas sumbernya,” tegasnya.

Pemkab pun sepakat akan tetap mempertahankan 5 bangunan cikal bakal berdirinya pusat Kota Blora yakni Kanjengan atau Pendopo Kabupaten, Alun-alun, Masjid Agung, Makam Sunan Pojok dan Pasar Induk Blora.

“Lima bangunan utama cikal bakal Blora ini akan ditata, dikembangkan. Tidak hanya Pasar Induk Blora yang akan dilakukan penataan, Pemkab juga akan memperluas area makam Sunan Pojok  sebagai tujuan wisata religi utama di pusat Kota Blora dan membangun Masjid Agung Baitunnur Blora dengan perluasan di sebelah utara,” bebernya.

Sementara itu Ketua DPRD Blora, Bambang Susilo juga menyampaikan hal yang sama. “Berdasarkan hasil audiensi dengan para pedagang lalu, mereka sepakat mempersilahkan Pemkab untuk membangun pasar di Gabus. Namun Pasar Induk Blora jangan dibongkar, kalau bisa justru direnovasi,” kata Bambang.

Terpisah, Kepala Disperindagkop UMKM Blora Maskur mengatakan bahwa jumlah seluruh pedagang di Pasar Induk Blora ditambah dengan Pasar Rel dan pedagang pasar tumpah yang berjualan di sepanjang bahu jalan Mr.Iskandar total ada 2000 an lebih.

“Sangat tidak mungkin jika harus dipaksa masuk ke dalam Pasar Induk Blora semua. Kita akan tertibkan dengan membangun Pasar Blora di Gabus. Jangan khawatir, selama 6 bulan pertama akan digratiskan untuk menempati kios di pasar yang baru,” ungkap Maskur. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved