Blora on News :
Home » , , » Maksimalkan Anggaran, Pemkab Segera Ajukan Draf APBD Perubahan 2016

Maksimalkan Anggaran, Pemkab Segera Ajukan Draf APBD Perubahan 2016

infoblora.com on Jun 13, 2016 | 6:00 AM

APBD 2016 yang disahkan oleh Pj.Bupati Ihwan Sudrajat dengan pimpinan DPRD pertengahan November tahun lalu, kini akan diajukan perubahannya di kepemimpinan Bupati Djoko Nugroho. (foto: dok-ib)
BLORA. Pelaksanaan APBD Blora 2016 nampaknya akan mengalami perubahan. Pemkab Blora saat ini sedang menyiapkan draf APBD Perubahan 2016 yang akan diajukan ke DPRD untuk dibahas. Hal itu dilakukan agar anggaran yang ada di APBD bisa lebih maksimal dimanfaatkan untuk program-program pembangunan pro rakyat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kabag Humas dan Protokol Setda Blora Irfan Agustian Iswandaru, saat ini semua pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) telah diperintahkan untuk menyusun draft usulan perubahan anggaran dari masing-masing dinas.

“Masing-masing dinas/SKPD telah menyusun perubahan anggaran dan mengumpulkannya ke Bappeda untuk dibahas terlebih dahulu oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD),” ujar Irfan Agustian Iswandaru, kemarin.

Selain memaksimalkan fungsi anggaran untuk pembangunan, perubahan APBD 2016 ini menurutnya dilakukan juga karena adanya berbagai aturan regulasi baru di pemerintahan sehingga menuntut adanya pergeseran penggunaan anggaran.

“Setelah dokumen APBD Perubahan 2016 jadi, maka akan langsung dikirim ke DPRD untuk dibahas bersama sesuai mekanisme yang berlaku,” lanjutnya.

Adapun Ketua DPRD Blora, Bambang Susilo tidak mempermasalahkan jika Pemkab akan mengajukan APBD Perubahan 2016. “Jika memang Pemkab akan mengajukan APBD Perubahan, maka DPRD akan menerima dan membahasnya bersama. Sesuai aturan, APBD Perubahan pengesahannya harus dilakukan maksimal 3 bulan terakhir sebelum habis tahun anggaran,” kata Bambang Susilo.

Untuk diketahui pada tahun 2015 lalu penetapan APBD Perubahan dilakukan pada 12 September. Jika tahun ini akan diserahkan bulan ini, maka bisa dipastikan penetapan APBD Perubahan 2016 bisa lebih awal. APBD Blora 2016 sebelumnya telah ditetapkan oleh Pj.Bupati Ihwan Sudrajat bersama pimpinan DPRD pada November 2015 lalu.

“Selain menetapkan APBD Perubahan 2016, kami di DPRD juga harus segera membahas draf KUA-PPAS APBD 2017 yang juga harus ditetapkan sebelum tahun berjalan,” pungkas Bambang Susilo.

Ia juga menginformasikan, pada hari ini Senin (13/6) DPRD Blora akan menggelar Rapat Paripurna dengan agenda pengesahan sejumlah perda. Acara akan dimulai pada pukul 13.00 WIB di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Blora. (am-sm | Jo-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved