Blora on News :
Home » , , » KKN 47 Mahasiswa UGM di Blora Sasar Bidang Pertanian & Peternakan

KKN 47 Mahasiswa UGM di Blora Sasar Bidang Pertanian & Peternakan

infoblora.com on Jun 21, 2016 | 5:30 AM

Mahasiswa UGM yang akan melaksanakan KKN di Blora disambut Wakil Bupati dan Camat. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Selama tujuh minggu kedepan mulai 20 Juni kemarin hingga 7 Agustus mendatang, 47 mahasiswa berbagai disiplin ilmu dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema integrated farming system bidang pertanian dan peternakan di Kabupaten Blora.

Dengan didampingi dosen pembimbing Ambar Pratiwi Ningrum dan Cahya Wulandari, kedatangan mereka pun diterima langsung oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si di ruang pertemuan Setda Kabupaten Blora, Senin (20/6) kemarin.

Wakil Bupati menyambut positif kedatangan mahasiswa UGM yang akan KKN di Blora. Ia berharap dengan program-program KKN yang akan dilaksanakan di desa nanti bisa ikut menekan angka kemiskinan dan peningkatan perekonomian warga terutama di bidang pertanian dan peternakan.

47 mahasiswa UGM terima pembekalan dan penjelasan dari Wakil Bupati saat
penerimaan program KKN, kemarin. (foto: ag-infoblora)
“Saat ini Kabupaten Blora berada pada peringkat kemiskinan ke-21 dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten Blora terus berupaya menyusun dan melaksanakan program-program penanggulangan kemiskinan. Selain membentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan menyusun pilot project desa prioritas penanganan kemiskinan, Pemkab juga mengajak kalangan Perguruan Tinggi untuk ikut andil dalam penanganan kemiskinan di Blora,” ucap Arief Rohman.

“Sebagai informasi awal, dapat saya sampaikan bahwa Kabupaten Blora mempunyai populasi ternak terbesar se-Jateng dengan populasi saat ini 214.000 ekor sapi. Akan tetapi peternakan ini belum didukung dengan pengolahan pakan ternak yang memadahi. Di saat musim kemarau tiba, peternak sapi akan kesulitan untuk mendapatkan pakan. Diperlukan biaya lebih untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak,” lanjutnya.

Menurutnya disaat musim kemarau tiba, untuk pemenuhan makan ternak bisa diibaratkan sapi makan sapi. Hal ini dikarenakan terkadang peternak perlu menjual salah satu ternaknya untuk memenuhi kebutuhan pakan sapi yang lainnya.

“Perlu adanya suatu pengelolaan ternak yang terintegrasi mulai dari penyediaan bibit, pengelolaan pangan hinga pemasaran ternak itu sendiri. Saya harap dengan adanya kegiatan KKN ini dapat menghasilkan program kongkrit untuk mengatasi masalah pakan ternak. Juga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan peternakan serta pertanian di Kabupaten Blora,” harapnya.

Untuk diketahui, ke 47 mahasiswa UGM ini dibagi dua kelompok melaksanakan KKN di 2 desa. Sebanyak 21 mahasiswa melaksanakan KKN di Desa Jepangrejo Kecamatan Blora, sedangkan 26 mahasiswa lainnya melaksanakan KKN di Desa Kebonrejo Kecamatan Banjarejo.

Hadir dalam acara penerimaan mahasiswa KKN UGM, Camat Blora Drs.Kunto Aji, Camat Banjarejo Drs.Suhirman M.Si, Kepala Desa Jepangrejo Suparlan dan Kepala Desa Sumadi. Wakil Bupati pun meminta Camat dan Kepala Desa yang bersangkutan untuk memperlakukan adik-adik mahasiswa sebagaimana mestinya warga lainnya. “Jangan dibeda-bedakan agar mereka bisa betah melaksanakan KKN,” pungkasnya.
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved