Blora on News :
Home » , , » Kembangkan Digital Marketing, Perajin Keramik Balong Launching Website

Kembangkan Digital Marketing, Perajin Keramik Balong Launching Website

infoblora.com on Jun 22, 2016 | 1:00 AM

Humas EMCL Rexy Mawardijaya dan Wabup H.Arief Rohman mencoba buka website www.keramikbalong.com. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Pelatihan dan pengembangan kerajinan keramik di Desa Balong Kecamatan Jepon yang dilaksanakan oleh perusahaan migas Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL) melalui program Coorporate Social Respolsibility (CSR) dengan menggandeng Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Akademika Cepu sejak tahun 2014 diakhiri dengan launching website guna pemasaran produk pada Senin (20/6) kemarin.

Bertempat di Gedung Balaidesa Balong Kecamatan Jepon, acara launching website www.keramikblora.com dihadiri oleh Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si, Humas EMCL Rexy Mawardijaya, Ketua LSM Akademika Suwarno, Forkopimcam Jepon, Kades Nyomo, dan warga masyarakat Balong.

Berbagai bentuk keramik hasil produksi perajin Desa Balong Kec.Jepon.
(foto: ag-infoblora)
“Saya bangga kini keramik Balong Blora mulai dikenal dan mampu berdiri sendiri menghasilkan aneka produk keramik yang tidak kalah bersaing dengan kerajinan serupa dari daerah lain. Semoga ini bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian desa. Ciptakan design-design keramik khas Blora agar lebih menarik, jangan meniru daerah lain,” ucap Rexy Mawardijaya.

Sementara itu Ketua LSM Akademika Suwarno yang telah melakukan pendampingan sejak 2014 menyatakan bahwa kini sudah banyak pesanan dari wilayah Blora dan luar kota datang karena tertarik dengan keramik Balong.

“Mulai dari nol sejak 2014 hingga kini para perajin sudah mampu berproduksi sendiri dan kami latih memasarkan dengan digital marketing, melalui pembuatan website. Rata-rata setiap bulan ada pesanan 900 buah keramik. Semoda kedepan bisa cepat berkembang,” ujarnya.

Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si dalam sembutannya mengapresiasi program CSR yang diberikan EMCL dan LSM Akademika kepada perajin keramik di Desa Balong. Ia juga berpesan agar dengan adanya website, penjualan produk kerajinan bisa dilakukan lebih cepat dan lebih luas jangkauannya.

Wabup H.Arief Rohman foto bersama dengan perajin keramik Balong, Humas EMCL, Kades dan pengelola Koperasi Agung Bawono Aji. (foto: rs-infoblora)
“Saat ini segala sesuatu bisa diperoleh hanya dengan menggunakan hp atau internet. Semua barang bisa dijual secara online dan dapat dilihat dari segala penjuru dunia. Dengan adanya website ini, kami akan bantu untuk mempromosikan melalui media sosial. Nanti biar Humas Pemkab bergerak aktif lewat facebook, twitter, instagram dll. Yang penting admin website keramik balong harus aktif memperbaharui tampilan produk-produk kerajinannya,” kata Wakil Bupati yang pernah menjabat sebagai anggota DPRD Jateng tersebut.

Apalagi ini mendekati lebaran, Wabup meminta agar disediakan banyak stok kerajinan keramik agar bisa menjadi oleh-oleh buah tangan saudara-saudara yang sedang mudik ke Blora. “Bekas rumah dinas Wabup di Jl.Pemuda nanti akan dibuat showroom kerajinan, coba nanti Pak Camat bisa menghubungi Disperindagkop UMKM agar keramik Balong bisa dipamerkan juga disitu,” lanjut Arief Rohman.

Dalam hal pengembangan usaha, Wabup juga menyarankan agar perajin keramik Balong bisa mengikuti program pinjaman Mitra 25 Bank Jateng yang bunganya rendah. Hanya 7 persen per tahun.


Selain launching website, ECML dan LSM Akademika juga menyerahkan sertifikat badan hukum Koperasi Bawono Aji. Yakni koperasi perajin keramik Balong yang bergerak di bidang permodalan dan pemasaran produk melalui website.

Sekedar mengingatkan, selain pengembangan kerajinan keramik, Desa Balong juga dikenal sebagai pusat perajin genting press tradisional yang hasilnya telah dilirik berbagai kota di Jateng dan Jatim. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved