Blora on News :
Home » , » Kabupaten Blora Masuk Nominasi Peraih Penghargaan Adipura Kirana

Kabupaten Blora Masuk Nominasi Peraih Penghargaan Adipura Kirana

infoblora.com on Jun 16, 2016 | 2:00 AM

Bupati H.Djoko Nugroho presentasi pengelolaan masalah lingkungan hidup di Kemen LHK terkait penghargaan Adipura Kirana. (foto: humas-bla)
BLORA. Selangkah lagi Kabupaten Blora bakal menerima penghargaan Adipura Kirana tahun 2016 tingkat nasional sebagai kota kecil yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism and investment berbasis pengelolaan lingkungan hidup.

Hal itu ditandai dengan diundangnya Bupati H.Djoko Nugroho oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) pada Rabu (15/6) kemarin ke Jakarta untuk mempresentasikan program penanganan masalah lingkungan hidup di Kabupaten Blora.

Di depan Dewan Pertimbangan Adipura, Ahli Persampahan dan Ahli Pemasaran Kemen LHK, Bupati H.Djoko Nugroho didampingi Kepala BLH Ir.Wahyu Agustini SE M.Si, Kepala Bappeda Samgautama Karnajaya dan Plt Kepala DPU Drs.Bondan Sukarno, MM menjelaskan pengelolaan lingkungan hidup yang ada di Blora.

Kepala BLH Blora Ir.Wahyu Agustini SE M.Si melalui Kabid Pencemaran dan Sengketa Lingkungan Ahmad Nur Hidayat mengungkapkan bahwa jauh sebelum Bupati berangkat ke Jakarta, tim penilai dari Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa (PPEJ) BLH Jawa Tengah bersama unsur lain sudah melakukan penilaian pada Februari lalu.

“Sedangkan pada Maret lalu hasil penilaian PPEJ BLH Jateng tersebut diverifikasi oleh Kementerian LHK serta Pemerhati Lingkungan Hidup. Akhirnya Blora masuk nominasi penerima Adipura Kirana sehingga Bupati diundang ke Jakarta. Mohon doanya semoga Blora bisa mencetak sejarah baru di kategori Adipura Kirana,” jelasnya.

Adapun beberapa lokasi yang menjadi titik penilaian kategori Adipura Kirana adalah TPA Temurejo, Jembatan Sungai Lusi Bangkle, Pasar Blora, Jalan Pemuda, Komplek Perumahan Kaplingan Kridosono, Bank Sampah Budidoyo, Tempat Pembuangan Sampah Sementara, pengelolaan, pengelolaan sampah perkotaan di Jlubang, Taman Keanekaragaman Hayati SMAN 2 Blora.

Perlu diketahui, penghargaan Adipura Kirana adalah salah satu kategori baru dari 5 kategori penghargaan Adipura tingkat nasional dari Kemen LHK. Sebelumnya pemerintah hanya memberikan Adipura dan Adipura Kencana, namun kini kategori penilaiannya diubah menjadi 5 yakni Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Karya, Adipura Bhakti dan Adipura Paripurna.


Sebelumnya Kabupaten Blora di bidang lingkungan hidup juga meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional yang diperoleh oleh SMA Negeri 2 Blora. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved