Blora on News :
Home » , , » Jelang Arus Mudik, Petugas Temukan Bus Tak Layak Jalan di Terminal Ngawen

Jelang Arus Mudik, Petugas Temukan Bus Tak Layak Jalan di Terminal Ngawen

infoblora.com on Jun 21, 2016 | 12:30 AM

Petugas gabungan DPPKKI dan Satlantas Polres Blora lakukan cek fisik berkala pada angkutan umum jelang arus mudik di Terminal Ngawen. (foto: teg-infoblora)
BLORA. Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blora pada hari Senin (20/6) kemarin menggelar pemerikasaan kelayakan fisik kendaraan angkutan umum di terminal Ngawen.

Dalam pemeriksaan tersebut,  petugas mengecek kelengkapan alat keselamatan penumpang, kelayakan bus untuk jalan, kelengkapan surat-surat kendaraan umum dan sejumlah pengecekan lainnya.

Kasatlantas Polres Blora AKP Handoko Suseno melalui Kanit Dikyasa Satlantas Polres Blora, Ipda Sri Retno Yogo Sulistiyo mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memastikan bus antar kota dalam provinsi (AKDP) dan bus antar kota antar provinsi (AKAP) mentaati ketentuan yang berlaku terkait pentingnya keselamatan penumpang terutama menjelang arus mudik lebaran 2016.

“Setiap bus yang ada di terminal kami cek kelayakannya. Pemeriksaan itu akan terus berlangsung hingga menjelang lebaran,” kata Ipda Sri Retno Yogo Sulistiyo.

Menurutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan dijumpai beberapa bus yang belum melengkapi kendaraannya dengan alat keselamatan penumpang, seperti tidak dilengkapi palu pemecah kaca dan tabung pemadam kebakaran. “Bagi bus yang belum melengkapi perlengkapan standart kelayakan kami imbau bisa segera melengkapinya,” ungkapnya.

Selama pemeriksaan tersebut petugas tidak menemukan bus yang tidak lengkap surat-surat kendaraannya. Namun sejumlah bus masih belum layak jalan seperti pengaman bus yang tidak ada dan sejumlah kelengkapan lainnya.

“Kami sudah tegur para supir bus bahkan ada yang saya tegur langsung pemiliknya agar kedepan bisa memenuhi kelengkapan bus yang dioperasionalkannya,” ujarnya.

Sementara itu Ignatius Ary Susanto Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan DPPKKI Blora menambahkan bahwa dalam pemeriksaan kelayakan bus, pihaknya juga menyertakan pula personel dengan peralatan dari bidang pengujian kendaraan. Mereka memeriksa kondisi fisik bus seperti kelayakan ban dan lainnya.

“Kami ingin memastikan semua bus yang beroperasi di Blora ini benar-benar layak jalan. Sehingga keselamatan penumpang selam arus mudik dan balik nanti lebih terjamin,” terangnya. (teg-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved