Blora on News :
Home » , » Gandeng Perbankan & Pengusaha, Pemkab Akan Gelar Pasar Murah Rakyat

Gandeng Perbankan & Pengusaha, Pemkab Akan Gelar Pasar Murah Rakyat

infoblora.com on Jun 11, 2016 | 2:00 PM

Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si bersama Plt Sekda Sutikno Slamet dan Kepala Disperindagkop UMKM memimpin rapat koordinasi persaiapan Pasar Murah Rakyat dengan Perbankan, Pengusaha, BUMN hingga BUMD. (foto: ag-ib)
BLORA. Kenaikan harga bahan kebutuhan pokok atau sembako yang terus terjadi saat bulan Ramadhan hingga menjelang Lebaran disikapi Pemkab Blora dengan akan menggelar Pasar Murah Rakyat dalam waktu dekat.

Agar pelaksanaannya bisa menjangkau seluruh kalangan masyarakat bawah dalam jumah besar, pihak perbankan dan pengusaha dari BUMN, BUMD serta sejumlah supermarket pun diajak Pemkab Blora untuk berpartisipasi menyediakan kebutuhan pokok dalam pasar murah.

Untuk mematangkan rencana pelaksanaan Pasar Murah Rakyat tersebut, Jumat (10/6) kemarin Pemkab melalui Sekretariat Daerah (Setda) pun menggelar rapat koordinasi bersama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UMKM, pihak perbankan, BUMN, BUMD dan sejumlah pemilik supermarket yang ada di Blora seperti Luwes, Alfim, MD Mall, Alfamart hingga Indomaret di Gedung Pertemuan Setda lantai 2.

Hadir dalam rapat tersebut Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si didampingi Plt Sekda Blora Sutikno Slamet dan Kepala Disperindagkop UMKM Maskur. “Saya harap partisipasi semua BUMN, BUMN, Perbankan dan pengusaha untuk bersama-sama menyukseskan Pasar Murah Rakyat ini. Pemkab tidak mempunyai banyak anggaran untuk melaksanakan ini, sehingga peran serta panjenengan semua sangat dibutuhkan,” ucap Wakil Bupati.

Sementara itu Plt Sekda Blora Sutikno Slamet menyatakan bahwa pasar murah nanti akan diwujudkan dalam paket sembako dan eceran. “Untuk paket nanti akan disubsidi pemerintah sehingga harga yang harus dibeli masyarakat lebih murah. Paket sembako senilai Rp 60.000 akan disubsidi pemerintah Rp 40.000, sehingga warga miskin hanya membeli seharga Rp 20.000 saja,” jelasnya.

Hanya saja ketika ditanya berapa jumlah paket sembako yang akan dijual di Pasar Murah, pihaknya belum memastikan. “Kita tunggu bagaimana kemampuan anggaran dan kesediaan pihak perbankan dan perusahaan lainnya dalam menyediakan paket sembako. Nanti akan dibahas lagi di rapat kedua,” lanjut Sutikno Slamet.

Adapun Kepala Disperindagkop UMKM, Maskur mengatakan bahwa sesuai rencana Pasar Mura Rakyat akan digelar pada Kamis (23/6) mendatang di Blok T Kota Blora.”Kami siap menyediakan tenda dan lapak untuk pos pasar murah. Saya harap beberapa hari sebelum pelaksanaan bisa terdata semua kebutuhan stand Pasar Murahnya,” ungkapnya.

“Nanti ada paket sembako dan eceran. Standnya akan dibedakan agar lebih udah melakukan kontrol. Pembelinya pun harus benar-benar masyarakat kurang mampu yang membutuhkan. Mekanismenya nanti akan dirapatkan lagi, mungkin bisa seperti tahun lalu menggunakan kupon yang dibagikan melalui ketua RT masing-masing desa,” pungkasnya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved