Blora on News :
Home » , » Debit Bengawan Solo Perlahan Naik, BPBD Blora Imbau Warga Waspada Banjir

Debit Bengawan Solo Perlahan Naik, BPBD Blora Imbau Warga Waspada Banjir

infoblora.com on Jun 20, 2016 | 11:30 AM

Petugas BPBD Blora dan Satgana PMI memantau debit air Bengawan Solo. (foto: and-ib)
BLORA. Masih tingginya curah hujan di wilayah Solo Raya berimbas pada naiknya debit air Sungai Bengawan Solo yang melintasi Kecamatan Kradenan, Kedungtuban dan Cepu. Hingga siang ini berdasarkan pantauan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora di papan pantau Karangnongko Kecamatan Kradenan ketinggian air mencapai 26,35 meter.

“Hari ini trend masih naik. Namun masih berada di bawah titik siaga sehingga belum membahayakan. Meskipun demikian kami harap warga di sepanjang bantaran Bengawan Solo mulai Kradenan, Kedungtuban hingga Cepu untuk tetap waspada karena belum ada tanda-tanda penurunan debit sungai,” kata Kepala Pelaksana BPBD Blora Sri Rahayu, melalui Petugas Pantau Bengawan, Agung Triyono, Senin (20/6).

Kalaksa BPBD Blora Sri Rahayu ikut memantau debit Bengawan Solo.
(foto: ag-ib)
Dirinya menyatakan bahwa kemarin BPBD bersama Satuan Tanggap Bencana PMI juga telah melaksanakan pemeriksaan muka air Bengawan mulai dari Kecamatan Cepu hingga Kradenan.

“Kami bersama Kepala Pelaksana BPBD dan tim Satgana PMI memantau Bengawan Solo di wilayah Kabupaten Blora dan semuanya masih aman, meski di hulu sudah masuk kategori siaga,” lanjutnya.

Menurutnya BPBD sudah berkoordinasi dengan pimpinan kecamatan yang dilalui DAS Bengawan Solo untuk waspada. “Bila terjadi keadaan kedaruratan, saya minta segera menghubungi BPBD,” tegasnya.

Sekedar diketahui, hingga saat ini curah hujan di daerah hulu Bengawan Solo meliputi Sukoharjo, Wonogiri, Solo, Karanganyar, Madiun dan Sragen masih tinggi. Sehingga dikawatirkan air kiriman dari hulu akan datang ke DAS Bengawan Solo yang ada di Kabupaten Blora. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved