Blora on News :
Home » , » Cegah Maling Kayu Selama Lebaran, Perhutani KPH Cepu Kerahkan 300 Polhut

Cegah Maling Kayu Selama Lebaran, Perhutani KPH Cepu Kerahkan 300 Polhut

infoblora.com on Jun 28, 2016 | 4:00 AM

Sejumlah petugas keamanan Perhutani KPH Cepu mendapatkan pengarahan untuk menjaga hutan selama lebaran.
(foto: dok-kphcepu)
BLORA. Sering dijumpainya aksi pencurian kayu jati mendekati lebaran hingga usai lebaran membuat Perhutani KPH Cepu melakukan langkah-langkah antisipasi dengan mengerahkan seluruh kekuatan guna mengamankan hutan.

Sedikitnya ada 300 petugas lebih yang akan diterjunkan ke sejumlah kawasan hutan di wilayah KPH Cepu. Mereka akan disiagakan 24 jam mengamankan hutan dengan cara berpatroli secara bergantian. Terlebih saat ini banyak pohon jati siap tebang di wilayah KPH Cepu.

Untuk memantabkan hal tersebut, sebanyak 320 personil karyawan Perhutani KPH Cepu, kemarin melakukan apel dan pengarahan oleh Koordinator Keamanan yang juga Waka ADM KPH Cepu Agus Kusnandar, di Pos DX, perbatasan Kecamatan Jiken dan Sambong.

Dijelaskan Waka ADM KPH Cepu Agus Kusnandar, bahwa untuk mengamankan hutan seluas 33,017,29 Ha, saat ini KPH Cepu hanya memiliki tenaga keamanan sebanyak 209 personil yang terdiri dari Polisi Mobile (Polmob) dan Polisi Teretorial (Polter).

“Untuk itu, mengingat  tenaga keamanan yang dimiliki saat ini memang tidak berimbang dengan wilayah kawasan hutan yang harus diawasi, selama hari raya seluruh kekuatan, mulai dari Asper, Mantri, Mandor produksi, Mandor tanam juga Mandor tebang akan  dilibatkan semua untuk ikut serta pengamanan hutan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Agus Kusnandar, seluruh Asper berikut jajarannya di 12 BKPH yang ada di wiayah KPH Cepu, diingatkan agar jangan sampai terlibat langsung illegal loging bersama para pencuri.

Pengalaman yang ada, beberapa waktu lalu ada du orang karayawan Perhutani Cepu yang terlibat dan akhirnya dikenakan pemutusan hubungan kerja dan menjalani proses hukum yang berlaku. (ud-SM | jo-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved