Blora on News :
Home » , » Bupati Blora Diminta Ndalang Keliling Kecamatan Sosialisasikan Pembangunan

Bupati Blora Diminta Ndalang Keliling Kecamatan Sosialisasikan Pembangunan

infoblora.com on Jun 6, 2016 | 3:30 AM

Bupati Blora Djoko Nugroho (paling kiri) saat menyimak pemaparan pelawak Kirun CS dalam wayangan mirunggan, Sabtu malam (4/6) lalu. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Aksi Bupati H.Djoko Nugroho ndalang wayang kulit Mirunggan di Pendopo Kabupaten Blora pada hari Sabtu malam Minggu (4/6) lalu mendapatkan apresiasi yang positif dari para seniman. Terutama pelawak senior H.Sakirun atau Kirun yang malam itu hadir menjadi bintang tamu sesi limbukan.

“Setiap kali saya hadir mengisi wayangan di Pendopo Kabupaten Blora selalu ada yang berkesan. Sebelumnya beberapa bulan lalu dikagumkan dengan aksi dalang-dalang cilik, saat ini gantian Bupatinya yang ndalang langsung menghibur warganya. Sungguh elok semangat nguri-nguri kebudayaan sebagai media sosialisasi pembangunan,” ucap Kirun saat dihubungi Info Blora.

Ia berharap tidak hanya satu kali ini saja Bupati ndalang menghibur warganya. “Saya pengen Bupati bisa keliling ke kecamatan-kecamatan ndalang sambil menyosialisasikan program pembangunan. Pasti akan lebih efektif dan menarik antusiasme warga. Terbukti malam ini (kemaren-red) penontonnya membludak. Kalau perlu di Alun-alun juga agar lebih luas,” lanjut Kirun.

Dirinya menyampaikan ada beberapa Bupati yang sukses menyampaikan program pembangunannya melalui ndalang. “Bupati Sragen Untung Wiyono dahulu ndalang untuk bersosialisasi dengan warganya. Begitu juga Pak Begug Bupati Wonogiri juga ndalang menyapa warganya. Bahkan gara-gara ndalang, Pak Enthus bisa jadi Bupati Tegal. Saya harap Bupati Blora ini bisa menjadi contoh berikutnya,” harap Kirun.

“Saya acungi jempol PEPADI Blora (Persatuan Pedalangan Indonesia) yang telah sukses mengajak Bupati untuk ndalang. Kalau bisa diagendakan saja sebulan sekali latihan ndalang sama Bupati agar bisa lebih fasih memainkan wayang,” pinta Kirun.

Saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora kedepan, ia pun ingin Bupati bisa tampil kembali mendalang di hadapan masyarakat. “Daripada nanggap wayang kulit dengan dalang kondang yang harganya mahal. Mending Bupatinya sendiri yang ndalang, lebih murah sambatan,” pungkasnya sambil tersenyum. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved