Blora on News :
Home » , , » Bupati Blora Ajak Kades Gunakan Dana Desa Untuk Proyek Padat Karya

Bupati Blora Ajak Kades Gunakan Dana Desa Untuk Proyek Padat Karya

infoblora.com on Jun 23, 2016 | 1:00 AM

Bupati Blora berikan pengarahan kades-kades se Kecamatan Sambong tentang penggunaan dana desa setelah mengikuti acara tarawih keliling di Masjid Al Muslimun Desa Giyanti. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Penggunaan dana desa menjadi perhatian khusus Bupati Blora H.Djoko Nugroho saat memberikan sambutan dalam acara Tarawih Keliling di Masjid Al Muslimun Desa Giyanti Kecamatan Sambong, Selasa (21/6) lalu.

Dana desa sebesar ratusan juta hingga miliaran rupiah yang diberikan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) untuk pembangunan infrastruktur pedesaan tersebut diminta Bupati untuk dikelola secara transparan dan maksimal dengan melibatkan masyarakat.

“Selain untuk mendukung pembangunan desa secara mandiri, tujuan Pemerintah memberikan dana desa itu agar di pedesaan ada lapangan pekerjaan sehingga warga tidak perlu urbanisasi ke perkotaan. Caranya dengan melaksanakan pembangunan proyek-proyek padat karya,” jelas Bupati di hadapan kades-kades se Kecamatan Sambong yang malam itu hadir di Giyanti.

“Nek bangun desa ojo diborongno, digarap lewat padat karya karo masyarakate. Wargane dijak dadi tenaga kerjane. Pembangunan desa mlaku, wargane entuk penghasilan,” lanjut Bupati yang akrab disapa Pak Kokok ini.

Bupati juga meminta agar seluruh Kades senantiasa dekat dengan dirinya agar bisa menyampaikan seluruh permasalahan yang dialami masyarakat, sehingga Pemkab bisa secepatnya mencari jalan keluar.

Biasane Kades sing ora wani nyedak Bupati kui sing durung bar LPJ dana desane. Pengenku kabeh Kades kui cedak karo Bupatine, yen ono permasalahan desa bisa langsung tak ewangi sesuai kewenangan Pemkab,” terang Bupati disambut tawa para kades.

Ia mencontohkan permasalahan perbaikan jalan. Jika ada kerusakan jalan penghubung desa agar segera dilaporkan ke Pemkab agar segera dianggarkan dana perbaikannya. Sedangkan untuk kerusakan jalan penghubung antar dukuh, Bupati menegaskan bahwa itu wewenang desa untuk memperbaikinya.

Yen dalan penghubung antar desa rusak, kwi kewajiban Bupati ndandani. Nanging yen sing rusak kui dalan antar dukuh utawa dusun, kwi kewajibane Kepala Desa ndandani nganggo dana desa. Ojo nyalahke Bupati terus,” pungkas Bupati.

Khusus untuk Desa Giyanti yang menjadi lokasi tarawih keliling, Bupati menyatakan kesiapannya untuk memperbaiki jalan penghubung Desa Giyanti menuju Desa Ledok yang melewati hutan jati. Pembangunan direncanakan akan dilakukan tahun depan. Selain itu, halaman Masjid Al Muslimun juga akan diberikan bantuan pavingisasi.

Hadir mendampingi Bupati dalam acara tersebut Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si, Plt Sekda Sutikno Slamet, Asisten 1 Riyanto, Asisten 2 Bondan Sukarno, Forkopimda, sejumlah kepala SKPD dan Forkopimcam Kecamatan Sambong. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved