Blora on News :
Home » , , » Blora Terima Penghargaan Sebagai Kabupaten Pelestari Kebudayaan Lokal

Blora Terima Penghargaan Sebagai Kabupaten Pelestari Kebudayaan Lokal

infoblora.com on Jun 3, 2016 | 1:30 AM

Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si (tiga dari kanan) menerima penghargaan dari salah satu media cetak nasional. (foto: gal-infoblora)
BLORA. Setelah minggu lalu menerima penghargaan opini WTP dari BPK RI atas laporan penyelenggaraan keuangan daerah tahun 2015, kini Blora kembali memperoleh penghargaan lagi dari sebuah media cetak nasional sebagai Kabupaten Pelestari Kebudayaan Lokal di tahun 2016.

Penghargaan diterima langsung oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si dari Direktur Jawa Pos Radar Kudus Baehaqi saat menghadiri malam Anugerah Jawa Pos Radar Kudus Award 2016, Rabu malam (1/6).

“Alhamdulillah beberapa pekan ini Blora membanggakan. Beberapa prestasi diperoleh bukan hanya oleh warganya, tetapi juga pemerintahnya. Setelah minggu lalu menerima penghargaan dari BPK RI, kini Blora dapat penghargaan sebagai kabupaten pelestari kesenian lokal. Ini wajib disyukuri sekaligus sebagai pemacu agar kedepan lebih baik lagi dalam hal pelestarian kebudayaan lokal,” ucap Arief Rohman, saat dihubungi Info Blora, kemarin.

Ia berharap dengan adanya penghargaan ini membuktikan bahwa Kabupaten Blora memiliki kekayaan potensi budaya yang perlu untuk terus dikembangkan dan dilestarikan. “Semua potensi seni budaya ini merupakan salah satu modal besar untuk memajukan Blora dari sektor daya tarik wisata budaya,” lanjut Aroef Rohman.

Sementara itu menurut Direktur Jawa Pos Radar Kudus, Baehaqi, alasan memilih Kabupaten Blora sebagai daerah yang sukses melestarikan kebudayaan lokal karena ada sederet kegiatan seni budaya digelar secara rutin dan berkelanjutan sehingga dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya di tingkat provinsi namun juga nasional.

Mulai kearifan lokal sedulur sikep samin yang pakaian adatnya kini terkenal semenjak dijadikan sebagai seragam aparatur sipil negara (ASN), pagelaran wayang kulit rutin dengan menampilkan dalang-dalang lokal dari junior hingga senior setiap malam Jumat Pon, hingga yang terbaru pagelaran pentas kesenian barongan secara rutin juga di Blok T setiap 2 minggu sekali.

“Festival Barong Nusantara pun kabarnya akan digelar kembali untuk ketiga kalinya tahun ini. Ini upaya luar biasa yang dilakukan Pemkab Blora untuk nguri-uri kebudayaan lokal. Pantas jika Blora menerima penghargaan kategori pelestari kebudayaan lokal,” tandasnya.

Selain Blora, kebupaten tetangga lainnya juga menerima penghargaan dengan kategori yang berbeda. Rembang menerima penghargaan sebagai kabupaten pro investasi, Pati sebagai kabupaten terbersih dan infrastruktur baik, Kudus sebagai kabupaten dengan pelayanan kesehatan terbaik, Jepara sebagai kabupaten pariwisata dan Grobogan sebagai kabupaten lumbung pangan. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved