Blora on News :
Home » , , » 9 KK Terdampak Longsor Kali Basin Cepu Terima Bantuan BPBD Blora

9 KK Terdampak Longsor Kali Basin Cepu Terima Bantuan BPBD Blora

infoblora.com on Jun 8, 2016 | 4:30 PM

Kalak BPBD Blora Sri Rahayu memberikan bantuan sosial untuk para korban  longsor tanggul Kali Basin Kecamatan Cepu. (foto: rs-infoblora)
BLORA. Hujan deras selama 4 jam lebih pada Sabtu (4/6) lalu mengakibatkan rumah 9 kepala keluarga di RT 02 dan RT 04, RW 03 Kelurahan Cepu, Kecamatan Cepu ambrol tergerus longsor yang diakibatkan derasnya arus Kali Basin. Kejadian yang terjadi pada malam hari sekitar pukul 21.00 WIB tersebut sempat membuat warga panik dan mengungsi sementara ke rumah kerabat.

Menerima laporan ada bencana tersebut, pada Rabu siang (8/6) tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora langsung terjun ke lapangan untuk melakukan pendataan dan pemberian bantuan sosial kepada para korban.

Salah satu staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora, wilayah Cepu, Agung Triyono menjelaskan ada 9 rumah yang rusak terkena longsor. Karena pondasi tanggul Kali Basin kurang kuat, sehingga longsor.

Tim BPBD Blora sedang meninjau salah satu rumah yang terkena longosr.
(foto: ag-infoblora)
“Lokasi longsor ada di RT 02 dan di RT 04,RW 03. Untuk di RT 02 longsor sepanjang 20 meter dengan kedalaman 3 meter. Yang terdampak rumah milik Hariadi (45), Manisah (75), Ngalimun (48), dan Karwijan (50). Sedangkan untuk di RT 04 longsornya sepanjang 40 meter dengan kedalaman hingga 6 meter, korbannya rumah Tarmuji (86), Samuriah (40), Yitno (48), Tardi (60), dan Warji (54),” ungkap Agung Triyono.

“Kami sudah mendata semua korban dan kerugian yang dialaminya. Total kerugian ditaksir hingga ratusan juta rupiah. Kita masih terus menghitungnya,” lanjut Agung Tri, Rabu siang.

Adapun Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Blora, Sri Rahayu yang siang itu ikut menjenguk korban longsor Kali Basin, mengatakan bahwa dirinya bertekad semaksimal mungkin untuk meminimalisir dampak yang diakibatkan dari longsor.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Kami berikan motivasi, bantuan sembako dan makanan cepat saji agar bisa sedikit meringankan beban keluarga dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari,” kata Sri Rahayu.

Meskipun demikian, ia tetap berharap warga masyarakat di sekitar lokasi longsor untuk terus meningkatkan kewaspadaan mengingat curah hujan di Kabupaten Blora masih cukup tinggi. “Untuk penanganan longsor tersebut nanti akan dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum. Pembangunan tanggul kali yang longsor menjadi kewenangan DPU, bukan BPBD,” pungkasnya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved