Blora on News :
Home » , , » 6 Deret Rumah Bambang Suyanto di Balongsari Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 1 M

6 Deret Rumah Bambang Suyanto di Balongsari Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 1 M

infoblora.com on Jun 1, 2016 | 5:30 AM

Petugas BPBD Blora berjibaku mengupayakan pemadaman api. (foto: dok-ist)
BLORA. Masih tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Blora ternyata tidak bisa menjadi jaminan potensi kebakaran kecil. Buktinya semalam, Selasa (31/5) pukul 19.30 WIB ada 6 buah rumah kayu milik Bambang Suyanto (40) warga Desa Balongsari Kecamatan Banjarejo ludes terbakar beserta isinya.

Menurut pengakuan pejabat sementara Kepala Desa Balongsari, Sulandi (47), kebakaran yang menimpa warganya itu mulai terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. “Kemunculan asal titik api belum diketahui sebabnya pasti. Hanya saja berdasarkan pengakuan warga sekitar tadi, api berasal dari pojok belakang rumah saat api membesar,” jelasnya.

Karena semua rumah terbuat dari bahan kayu dan di dalam satu rumah terdapat ratusan sak gabah kering, menurutnya hal tersebut yang membuat peristiwa kebakaran ini cepat membesar dan menghanguskan rumah lainnya di wilayah RT 06 RW 01. Warga pun bahu membahu ikut berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

“Saat kejadian, si pemilik rumah Bambang Suyanto beserta istri Sarmini sedang tidak dirumah. Setelah tahu rumahnya terbakar, korban tampak shock dan masih sulit dimintai keterangan,” lanjutnya.

Tidak berselang lama 1 armada pemadam kebakaran dan 6 truk tangki air supplier dari BPBD Kabupaten Blora datang ke lokasi untuk memaksimalkan upaya pemadaman api. Api baru bisa dinyatakan padam pada pukul 23.00 WIB.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya saja kerugian ditaksir hingga Rp 1 miliar karena banyak perabotan rumah tangga yang terbakar termasuk ternak sapi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Blora, Sri Rahayu ketika dihubungi Info Blora.

Berdasarkan data dari BPBD Blora, harta benda yang ludes akibat kebakaran itu adalah 6 unit rumah kayu, dua ekor sapi terpanggang, uang senilai Rp 40 juta, 200 karung gabah kering usai panen, mesin pertanian penggiling jagung, pompa air, traktor, meja kursi kayu 3 unit, meja kursi busa 2 unit, almari 6 unit, tempat tidur 5 unit, meja kayu jati panjang 3 buah, kursi kayu jati panjang 6 buah, gledeg padi, peralatan dapur, dua belas sertifikat tanah dan surat-surat penting lainnya.

“Penyebab pastinya belum tahu mas. Saya tidak berani menyimpulkan karena masih dalam penyelidikan pihak berwajib. Tugas BPBD hanya membantu pemadaman api dan meminimalisir kerugian. Korban kedepan akan diupayakan untuk memperoleh bantuan sosial,” pungkas Sri Rahayu. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved