Blora on News :
Home » , » Wisata Budaya : Tradisi Tahunan “Manganan Janjang” Mulai Digelar

Wisata Budaya : Tradisi Tahunan “Manganan Janjang” Mulai Digelar

infoblora.com on May 12, 2016 | 6:00 AM

Gapura masuk komplek Pesarean Eyang Jatisuwara-Jatikusuma di Bukit Janjang mulai didatangi peziarah. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Rangkaian acara tradisi tahunan Manganan Janjang di Desa Janjang Kecamatan Jiken yang merupakan salah satu potensi wisata budaya di Kabupaten Blora mulai digelar sejak Rabu malam (11/5) hingga Jumat (13/5) besok.

Kepala Desa Janjang, Ngasi saat dihubungi info Blora, Rabu (11/5) kemarin menyatakan bahwa serangkaian acara dalam rangka Manganan Janjang sebagai wujud rasa syukur masyarakat desa kepada Sang Maha Pencipta telah diawali dengan acara pengajian akbar Haul Eyang Jatisuwara dan Eyang Jatikusuma.

“Manganan Janjang dibuka dengan pengajian akbar Haul Eyang Jatisuwara dan Jatikusuma pada Rabu malam Kamis (semalam-red) dengan pembicara KH So’imron dari Blora. Setelah itu acara akan berlanjut Kamis malam Jumat dengan pementasan wayang krucil dan puncaknya Jumat pagi hingga siang digelar kenduri massal dilanjutkan wayang krucil kembali hingga tengah hari bertempat di komplek Pesarean Eyang Jatisuwara-Jatikusuma,” terang Ngasi.

Pementasan wayang krucil peninggalan Eyang Jatisuwara-Jatikusuma menjadi
satu moment yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. (foto: dok-infoblora)
Menurutnya wayang krucil yang dipentaskan tersebut tidak wayang biasa, namun wayang warisan peninggalan Eyang Jatisuwara-Jatikusuma yang dimainkan turun-temurun setahun sekali setiap gelaran acara Manganan Janjang.

“Wayang krucil itu warisan budaya dari Eyang Jatisuwara-Jatikusuma yang dahulu dimanfaatkan untuk menyebarkan agama islam di wilayah Desa Janjang dan sekitarnya. Sebagai penghormatan dan mengenang jasanya tersebut, setiap tahun kita pentaskan disaat acara manganan atau sedekah bumi,” jelasnya.

Selain pementasan wayang krucil, Jumat pagi besok akan digelar kenduri massal. Semua warga desa akan membawa tumpeng, jananan, dengan bungkus khas daun jati untuk dibagikan secara massal kepada semua pengunjung acara manganan yang setiap tahun selalu dihadiri ribuan orang dari berbagai wilayah.

“Ratusan PKL nanti juga akan memadati kawasan Pesarean Eyang Jatisuwara-Jatikusuma untuk meraup rejeki dari para pengunjung Manganan Janjang dan peziarah. Pihak desa sudah menyiapkan panitia untuk menyukseskan acara akbar ini. Rencananya Bupati dan Wakil Bupati juga akan kami undang untuk hadir di tengah-tengah warga Janjang yang sedang punya gawe tahunan,” lanjut Ngasi.

Sekedar diketahui, Manganan Janjang memang menjadi salah satu daya tarik wisata budaya tahunan di Kabupaten Blora. Bertempat di areal pesarean Eyang Jatisuwara-Jatikusuma yang berada di atas bukit, ribuan manusia dari berbagai kota dipastikan akan datang. Pemandangan alam yang cantik di bukit pasujudan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved