Blora on News :
Home » , , » Wakili Jateng, SMKN 2 Blora Maju Lomba PIK-R Unggulan Tingkat Nasional

Wakili Jateng, SMKN 2 Blora Maju Lomba PIK-R Unggulan Tingkat Nasional

infoblora.com on May 30, 2016 | 2:00 PM

Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si mengawal tim penilai PIK-R Konseda SMK Negeri 2 Blora. (foto: ty-ib)
BLORA. SMK Negeri 2 Blora setelah memenangi lomba Pusat Informasi dan Konseling Remaja ( PIK-R) tingkat Provinsi, kini kembali maju mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional dengan lomba yang sama.

Pada hari Senin (30/5) mulai dilakukan penilaian lomba PIK-R tingkat nasional. Hadir dalam penilaian ini tim dari BKKBN Pusat yang diketuai oleh Andi Hendardi SH, dan perwakilan BKKBN Jawa Tengah.

Hadir pula, Wakil Bupati Blora H Arief Rohman M.Si mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho yang saat ini tengah mengikuti Pembekalan Kepemimpinan di Jakarta, untuk memberikan sambutan. Setibanya di SMKN 2 Blora, Wakil Bupati Blora H Arief Rohman M.Si beserta rombongan tim penilai disambut oleh seni barong dari SMP Negeri 5 Blora.

Dalam laporannya, Kepala SMKN 2 Blora Dra.Sri Suhardini M.Pd menyampaikan beberapa prestasi yang baru saja diraih anak-anak didiknya. Diantaranya pada bulan Mei ini perwakilan SMK Negeri 2 Blora telah memperoleh Juara 3 Lomba Kompetensi Siswa tinggkat nasional yang diselenggarakan di Malang, juga memperoleh juara 1 olimpiade Akuntansi tingkat Jawa Tengah dan DIY oleh siswa yang bernama Evita yang diselenggarakan di Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Wakil Bupati berikan sambutan penyemangat untuk tim PIK-R SMKN 2 Blora
yang maju lomba tingkat nasional. (foto: ty-ib)
“Di sekolah kami, yakni SMK Negeri 2 Blora selalu menerapkan pembelajaran tidak hanya dalam kelas tetapi juga melalui lingkungan serta sosial. Diharapkan dengan adanya PIK-R Konseda ini dapat menciptakan siswa yang bebas dari pengaruh negatif. Dalam kegiatan PIK-R Konseda SMK Negeri 2 Blora para siswa diberikan informasi mengenai reproduksi, seks bebas, pernikahan dini, serta napza,” jelasnya.

Selain itu PIK-R Konseda SMK Negeri 2 Blora juga telah melakukan kerjasama dengan dinas-dinas terkait seperti Kodim 0721, Polres Blora, Dindikpora, BPMPKB serta dinas terkait lainnya dalam melakukan penyuluhan.

“Semoga PIK-R Konseda SMK Negeri 2 Blora dapat memenangkan Lomba Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Unggulan Jalur Pendidikan Tingkat Nasional ini,” lanjut Sri Suhardini.

Pada kesempatan kali ini, ketua tim penilai PIK- R Unggulan Jalur Pendidikan Tingkat Nasional Andi Hendardi SH didampingi oleh perwakilan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kementrian Kesehatan serta BKKBN Republik Indonesia.

Andi Hendardi SH berpesan kepada PIK-R Konseda SMK Negeri 2 Blora agar menunjukkan yang terbaik supaya pantas menjadi juara dalam Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Unggulan Jalur Pendidikan Tingkat Nasional ini. Ia juga menyampaikan bahwa pada penilaian ini terdapat lima kontestan yaitu Riau, Sumatera Barat, Jawa Timur, Kendari, dan Jawa Tengah.

Wabup Blora H Arief Rohman M.Si dalam sambutannya mewakili Bupati, menyatakan bahwa saat ini remaja sudah jarang melakukan komunikasi dari hati ke hati walaupun dengan orang tuanya atau orang yang lebih dewasa. Dengan adanya program PIK-R diharapkan bisa menjadi jembatan komunikasi, juga bisa menjadi penanggulangan permasalahan remaja yang sangat kompleks seperti pernikahan dini, seks pranikah dan napza yang tidak lepas dari pengaruh lingkungan.

“Usia remaja sangatlah rentan terpengaruh, sebab kita sebagai makhluk sosial, yang tidak terbedakan oleh golongan usia, hendaknya bahu-membahu menanggulanginya, salah satu upaya yang telah kita rintis yaitu pembentukan PIK R,” ujar Arief Rohman.

Wabup H Arief Rohman M.Si berharap agar PIK R Konseda SMK Negeri 2 Blora dapat menjadi juara di tingkat nasional. “Tanda-tandanya jadi juara 1 ini, terlihat dari kegiatan  yang telah dilaksanakan,” katanya.

Adapun Aprilian Suti Rosita Dewi siswi ketua PIK-R Konseda SMK Negeri 2 Blora melaporkan bahwa saat ini telah gencar melakukan sosialisasi melalui berbagai media seperti media sosial, radio, upacara, bakti sosial ke Panti Asuhan, serta bekerjasama dengan Dinas terkait di Kabupaten Blora.

Juga melakukan konseling di setiap kelas dengan menunjuk dua konselor per kelasnya. Telah dilakukan pula Kegiatan Tolak Narkoba yang dilaksanakan di Car Free Day sebagai sarana sosialisasi bahaya narkoba kepada masyarakat Blora. (jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved