Blora on News :
Home » , » Sidak RS, Wabup Arief Rohman Tekankan Peningkatan Layanan Pasien & Sarpras

Sidak RS, Wabup Arief Rohman Tekankan Peningkatan Layanan Pasien & Sarpras

infoblora.com on May 13, 2016 | 5:00 AM

Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si saat sidak ke ruang rawat inap RS dr.R.Soetijono Blora, Kamis (12/5). (foto: ag-infoblora)
BLORA. Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si pada hari Kamis (12/5) kemarin secara mendadak pukul 13.30 WIB melakukan blusukan atau sidak, guna mengetahui kondisi sarana prasarana (sarpras) kesehatan dan kualitas pelayanan pasien di Rumah Sakit (RS) dr.R.Soetijono Blora.

Dengan tanpa didampingi protokoler, Wakil Bupati asal Kecamatan Banjarejo ini langsung menuju salah satu ruangan perawatan pasien. Ia berbincang-bincang dengan salah satu korban kecelakaan yang sedang dirawat karena mengalami patah tulang.

Tidak lama kemudian Kepala Rumah Sakit dr.Nugroho datang menghampiri Wabup Arief Rohman. “Kabarnya Pak Wakil akan kesini sore hari, tetapi ini kok siang sudah disini. Maaf ini tadi saya baru selesai rapat,” ucap dr.Nugroho kepada Wabup Arief Rohman.

dr.Nugroho pun langsung mengarahkan Wabup Arief Rohman untuk meninjau gedung baru ruang instalasi bedah sentral (IBS) yang minggu lalu baru diresmikan Bupati Djoko Nugroho. Wabup pun meminta agar adanya gedung IBS yang baru bisa meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

Wabup Arief Rohman melihat alat cuci darah di RS. dr. R.Soetijono Blora.
(foto: ag-infoblora)
Di hadapan Wabup, dr.Nugroho menyampaikan beberapa kendala layanan kesehatan yang sedang dihadapi rumah sakit tersebut. Diantaranya masih terbatasnya ruang rawat inap kelas I, II dan III serta VIP.

“Kalau Pak Bupati bilang warga Blora lebih banyak memilih berobat keluar kota daripada di rumah sakitnya sendiri itu kurang tepat. Buktinya rumah sakit ini selalu penuh dan sering kekurangan ruang rawat inap. Sehingga saya minta bantuan untuk perluasan ruang rawat inap baik untuk kelas I, II, III atau VIP,” ucapnya.

Rencananya perluasan bangunan untuk ruang rawat inap akan dilakukan ke arah belakang yakni memakai lahan Pemkab yang kini dipakai untuk kampus Poltekkes Kemenkes Semarang. Wabup pun diajak untuk melihat lahan kosong di belakang rumah sakit.

“Kalau memang butuh penambahan ruangan rawat inap, bisa diusulkan nanti di APBD 2017. Namun harus diimbangi dengan peningkatan layanan kepada pasien. Karena masih banyak masyarakat yang mengeluh kalau layanan di rumah sakit masih buruk,” tegas Arief Rohman.

Usai meninjau lahan kosong untuk perluasan ruang rawat inap, Arief Rohman yang juga mantan anggota DPRD Jateng ini langsung meninjau ruang rawat inap kelas III untuk pasien JPS. Disini ia melihat kondisi ruangan besar yang digunakan untuk merawat 11 pasien sekaligus.

Adanya 4 alat cuci darah yang dimiliki RS dr.R.Soetijono juga menjadi perhatian Arief Rohman. Ternyata dari 4 alat cuci darah yang ada, baru 2 yang bisa dioperasionalkan untuk mengobati pasien. Ia meminta agar alat cuci darah yang ada bisa difungsikan dengan maksimal.

“Alat cuci darah ini baru bisa digunakan 2, berarti yang 2 masih nganggur. Segera dioptimalkan agar pelayanan bisa lebih luas. Jangan sampai pasien antri lama untuk cuci darah,” tegasnya.

Sidak diakhiri dengan meninjau ruang poliklinik kesehatan di bagian depan yang setiap harinya buka mulai 08.00 WIB hingga 12.00 WIB untuk memeriksa keluhan kesehatan masyarakat.

Saat dihubungi info Blora, Wabup Arief Rohman menekankan agar seluruh rumah sakit di Kabupaten Blora terus meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Ia meminta agar pelayanan diutamakan, melayani dengan tulus ikhlas dan murah senyum.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Blora. Nanti akan kita gandeng konsultan kesehatan dari Jakarta untuk membenahi layanan rumah sakit,” jelasnya.

Kedepan untuk memperluas layanan kesehatan, akan dibangun rumah sakir di Randublatung. Setelah Randublatung, wilayah potensial untuk mendirikan rumah sakit adalah Kunduran untuk melayani warga masyarakat Kabupaten Blora di wilayah barat. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved