Blora on News :
Home » , » Semarak, Pentas Seni Blok T Tampilkan 2 Tim Barongan Blora

Semarak, Pentas Seni Blok T Tampilkan 2 Tim Barongan Blora

infoblora.com on May 15, 2016 | 2:00 AM

Salah satu bagian pertunjukan Pentas Seni Blok T yang menampilkan Barongan Blora, Sabtu malam (14/5). (foto: budi-ib)
BLORA. Pagelaran Pentas Seni Blok T yang dilaksanakan oleh Komunitas Seni Budaya (KSB) bekerjasama dengan DPPKKI dan berbagai sponsor, setiap 2 minggu sekali di panggung terbuka kawasan eks terminal lama Blora semalam Sabtu (14/5) berjalan lebih meriah dengan menampilkan 2 tim paguyuban seni barongan sekaligus.

Sejak dilaksanakan pertama kali pada 16 April lalu, secara rutin 2 minggu sekali KSB menampilkan kesenian barongan dari berbagai wilayah Kabupaten Blora. Semalam giliran paguyuban seni barongan “Sami Mulyo Joyo” dari Desa Balongrejo Kecamatan Banjarejo dan “Mustiko Budoyo” dari Desa Kemiri Kecamatan Jepon yang tampil.

Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB tersebut langsung dipadati ribuan penonton di sekeliling panggung. Bahkan banyak anak-anak dan ibu-ibu nekad duduk di tepi panggung agar bisa menyaksikan barongan dengan jelas. Panggung yang awalnya lebar menjadi sempit karena banyaknya penonton.

Rombongan ILUSA 75 bersama wakil bupati foto bersama dengan pemain
barongan. (foto: rs-infoblora)
Terpisah, Ketua KSB Blora Catoer Oke A saat dihubungi Info Blora mengaku bersyukur pementasan seni barongan di Blok T bisa berjalan lebih meriah dengan menghadirkan 2 paguyuban sekaligus.

“Alhamdulillah acara semalam lebih meriah dengan tampilnya 2 grup seni barongan. Kita bagi menjadi 2 sesi mulai 19.00 WIB hingga 20.30 WIB untuk Sami Mulyo Joyo, sedangkan Mustiko Budoyo tampil mulai 20.30 WIB hingga 22.00 WIB. Ternyata antusias penonton luar biasa,” jelas Catoer.

Sementara itu, Edi salah satu anggota KSB menyatakan bahwa pihaknya berusaha terus melestarikan seni budaya Kabupaten Blora yang salah satunya barongan. “Ini sebagai wujud pelestarian seni budaya, kami ingin mengenalkan barongan asli Blora dengan tokoh utama Joko Lodra dan Gembong Amijoyo,” ujarnya.

Kedepan pihak KSB membuka kesempatan kepada paguyuban barongan mana pun se Kabupaten Blora untuk bisa tampil secara bergantian 2 minggu sekali di Blok T saat malam mingguan.

Acara terasa lebih spesial dengan hadirnya Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si bersama rombongan Ikatan Alumni SMAN 1 Blora angkatan 75 yang turut serta memberikan apresiasi kepada seniman lokal Blora yang sedang mementaskan barongan.

“Ini acara yang positif untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi seni budaya Blora ke masyarakat luas. Pemkab akan terus mendukungnya agar potensi ini bisa menjadi daya taris wisata seni budaya di Kabupaten Blora,” ucap Arief Rohman. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved