Blora on News :
Home » , » Semakin Berwarna, Seni Calung MTs Hasanuddin Plosorejo Ramaikan CFD Blora

Semakin Berwarna, Seni Calung MTs Hasanuddin Plosorejo Ramaikan CFD Blora

infoblora.com on May 15, 2016 | 9:00 AM

Grup kesenian calung MTs Hasanuddin Plosorejo Kecamatan Banjarejo saat tampil saat CFD pagi tadi. (foto: rs-infoblora)
BLORA. Ada yang baru di acara Car Free Day (CFD) Alun-alun Kota Blora, Minggu pagi tadi (15/5). Hiburan musik yang biasanya mewarnai CFD dengan menampilkan band anak-anak muda dan keroncong, pagi tadi justru diwarnai dengan penampilan grup kesenian calung dari MTs Hasanuddin Desa Plosorejo Kecamatan Banjarejo.

Sejak pukul 06.00 WIB, tim musik perkusi yang terbuat dari bambu ini sudah tiba di Alun-alun dengan membawa kontingen sebanyak 22 orang. Mereka langsung unjuk gigi tampil di depan Gedung Sasana bakti dengan membawakan 4 lagu sekaligus.

Warga masyarakat Blora yang sedang asyik berolahraga keliling Alun-alun pun dibuat kepincut dan berhenti sejenak menikmati alunan calung. “Baru ini saya tahu di Blora ada calung. Bagus juga untuk hiburan warga saat CFD,” ujar Heri salah satu warga Blora yang sedang lari pagi.

Sementara itu Musyafak pembina grup kesenian calung menyatakan bahwa baru kali ini anak-anak asuhnya tampil di acara CFD. “Baru pertama kali ini kami tampil di CFD dan ternyata cukup menyenangkan. Itung-itung mengenalkan kesenian calung ke masyarakat Blora yang sedang berolahraga, sekaligus memberikan hiburan gratis,” ujarnya.

Ia menjelaskan, grup calung dari MTs Hasanuddin Plosorejo ini sudah berdiri sejak tahun 2012. Beberapa kali tampil mengisi acara pawai dan karnaval di tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

“Dahulu kita juga pernah tampil mewakili Blora di Cirebon dalam acara pentas seni perkemahan Maarif,” lanjutnya.

Usai tampil di depan Gedung Sasana Bakti, grup calung langsung tampil berparade keliling Alun-alun dengan memainkan beberapa judul lagu seperti iwak peyek, sholawatan dll. Warga yang sedang berolahraga, berkuliner pagi dan sekedar nongkrong di Alun-alun tampak lebih terhibur dengan adanya calung.

Bahkan Bupati Blora H.Djoko Nugroho yang pagi itu sedang menikmati CFD langsung mempersilahkan grup calung ini untuk pentas di dalam komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati guna menghibur tamu rombongan Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Blora angkatan 75.

“Ini bukti bahwa di Blora ada beragam kesenian. Silahkan terus dilestarikan, kalau mau tampil di CFD monggo setiap minggu kita sediakan tempat. Terbuka untuk komunitas kesenian lainnya juga,” ucap Bupati. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved