Blora on News :
Home » , » Peringati Hardiknas, Puluhan Siswa Berprestasi Terima Penghargaan dari Bupati

Peringati Hardiknas, Puluhan Siswa Berprestasi Terima Penghargaan dari Bupati

infoblora.com on May 3, 2016 | 2:30 AM

Bupati Blora H.Djoko Nugroho menyerahkan penghargaan kepada siswa berprestasi usai Upacara Hardiknas, kemarin. (foto: rs-infoblora)
BLORA. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi Prof. Mohamad Nasir dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2016 dengan tema “Ayo kerja, inovatif dan kompetitif”, mengajak seluruh kalangan pendidikan tinggi dan perguruan tinggi untuk melakukan reformasi pendidikan tinggi, sebagaimana telah dimulai oleh Bapak Pendidikan, Ki Hajar Dewantara.

“Reformasi pendidikan tinggi merupakan suatu keniscayaan pada saat ini, ketika kita menghadapi beragam tantangan luar biasa dalam skala lokal, nasional, maupun global,” kata Bupati Blora Djoko Nugroho membacakan sambutan Menristek dan Dikti saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kab. Blora di halaman Setda Blora, Senin (2/5) kemarin.

Dirinya menunjukkan indeks inovasi Indonesia menurut World Economic Forum mencapai 4,6 atau peringkat 30 dunia, sedangkan indeks inovasi pendidikan tinggi adalah 4,0 atau peringkat 60 dunia.

Sedangkan pada saat ini, indeks daya saing Indonesia diukur dari indikator “higher education and training” menunjukkan bahwa pada tahun 2014-2015 Indonesia menduduki peringkat 60 dengan indeks daya saing 4,5, sementara pada tahun 2015-2016 peringkat Indonesia menjadi 65 dengan indeks daya saing yang sama 4,5. Artinya, lanjutnya ada lebih banyak negara lain yang mencapai indeks daya saing lebih baik dari Indonesia, sehingga peringkat Indonesia menurun.

“Hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Ayo kita kerja secara inovatif dan kompetitif untuk menghasilkan SDM IPTEK terampil serta inovasi dan teknologi yang berdaya saing sebagai tujuan utama pendidikan tinggi kita,” tandasnya.

Menurutnya, dalam bingkai daya saing tidak bisa menjalankan pendidikan tinggi dengan cara dan kualitas yang telah dilakukan selama ini untuk menjawab tantangan masa depan. Karena kualitas yang yang kita capai dihari kemarin sangatlah berbeda dengan kualitas yang harus kita capai di hari esok dalam kecepatan pencapaian yang berbeda pula.

Disisi lain, globalisasi serta era Masyarakat Ekonomi ASEAN membuka jalan bagi kerjasama pendidikan, riset, dan pengembangan teknologi antar institusi perguruan tinggi, lembaga riset, serta industri dalam dan luar negeri. Kerjasama menjadi salah satu strategi dalam bingkai “competitiveness” untuk mencapai kualitas pendidikan tinggi yang diakui dalam berbagai kalangan secara global.

Kerjasama memperkuat kapasitas kita masing-masing menjadi kapasitas yang lebih besar dalam menciptakan inovasi dan teknologi yang lebih baik lagi. Pertukaran mahasiswa dan dosen, kerjasama penelitian dan publikasi ilmiah, sudah seharusnya menjadi bagian dari reformasi pendidikan tinggi kita.

“Kita masih perlu bekerja secara inovatif, sehingga kita bisa meningkatkan peringkat indeks inovasi pendidikan tinggi Indonesia diperingkat 56 pada tahun 2020. Indeks ini menunjukkan bahwa masih banyak inovasi dan teknologi yang perlu kita hasilkan untuk memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan bangsa Indonesia,” katanya.

Seusai upacara Bupati Djoko Nugroho menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada siswa dan guru berprestasi. Piala dan piagam penghargaan diberikan kepada 4 pelajar Blora berprestasi pada Olimpiade Sain Nasional (OSN). Grace Rose Mary Yohanes siswi SMP N 1 Blora juara 1 bidang Mata Pelajaran Matematika, Yudhistira Adhien Susetya siswa SMP N 1 Blora juara 1 Bidang IPS, Shendy Gavriel Alexander SMP N 2 Cepu juara 3 Bidang IPS, dan Ardan Haryanto Putra SD Kartini juara 1 Bidang IPA.

Kemudian Pelajar yang berprestasi pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Provinsi Jawa Tengah. M. Tito Zuhda Irham SDN Tempelan Blora peraih medali emas cabang olahraga Tenis Lapangan, Angun Alfiatuz Zahra SD N 2 Andongrejo Peraih perunggu cabang olahraga Tenis Meja, Peraih 2 (dua) medali perak cabang olahraga atletik nomor lompat jauh putri atas nama Laela Salsa Bila asal SDN 2 Cepu. Tim Bola voli SD N 2 Ketileng Kecamatan Todanan yang juga meraih peraih medali perak.

Bupati juga memberikan piala kepada pelajar Blora yang menjuarai pada lomba Dikmen atas nama Sri Aji Rizki SMK N 1 Blora juara 2 Tenis Meja Putra tingkat SMA/SMK/MA tingkat Provinsi Jawa Tengah, Tim Bola Voli Putri SMK se Kab. Blora juara 2 Bola Voli Putri O2SN SMK tingkat Provinsi Jawa Tengah, Juara 1 LCC 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara tingkat eks Karesidenan Pati diraih SMA N 1 Randublatung. SMP N 2 Cepu sebagai juara 1 Tata Upacara Bendera Baris Berbaris (TUB-BB) SMP/MTS tingkat Eks Karesidenan Pati, SMA N 1 Cepu sebagai juara 2 lomba TUB-BB SMA/SMK/MA tingkat Eks Karesidenan Pati.

Sedangkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Blora tahun 2016. Untuk guru Taman Kanak-Kanak diraih Ike Ririn Handayani, S.Pd dari TK Pelangi Ceria Kec. Blora. Guru SD diraih Yani, S.Pd.SD SD Tempelan Kec. Blora, Tingkat SMP diraih Munarti, S.Pd guru SMP N 2 Blora, ditingkat SMA diraih Drs. Hariyanto dari SMA N 1 Randublatung sedangkan ditingkat SMK diraih Dra. Sri Mulyani dari SMK N 2 Blora.

Untuk kategori Kepala Sekolah untuk tingkat TK diraih Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd dari TK Negeri Pembina Kec. Blora, tingkat SD diraih Yatni, S.Pd,M.Pd dari SD N Balong Kec. Jepon, tingkat SMP diraih Suyitno, S.Pd,M.Pd dari SMP N 1 Cepu. Untuk kategori Pengawas SD diraih Rukayah, S.Pd,M.Pd dari UPTD TK/SD Kec. Tunjungan, Pengawas SMP diraih Sukur,S.Pd,M.Pd dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Blora.

Piagam penghargaan Indeks Integritas Penyelenggaraan Ujian Nasional diberikan kepada SMP N 1 Blora, MTS Bustanul Ulum Tunjungan, SMA Miftahul Ulum Ngawen, SMK Al Alif Tunjungan, MA Sunan Kalijaga Cepu. Piagam penghargaan juga diberikan kepada S. Andika Cahya Ari W, M.Pd dari SMK N 1 Jepon peringkat 1 seleksi pertukaran guru di Queensland Australia tahun 2016. (DPPKKI | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved