Blora on News :
Home » , , » Mulai Tahun Depan Guru Madin dan TPQ Bakal Terima Tunjangan Bulanan

Mulai Tahun Depan Guru Madin dan TPQ Bakal Terima Tunjangan Bulanan

infoblora.com on May 4, 2016 | 2:30 AM

Guru Madin dan TPQ di Kabupaten Blora mulai tahun depan bakal terima tunjangan bulanan. (foto: rs-ib)
BLORA. Kesejahteraan guru Madrasah Diniyah (Madin) dan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) di Kabupaten Blora mulai tahun depan bakal meningkat. Pasalnya Pemkab Blora saat ini sedang mengupayakan adanya anggaran tunjangan kesejahteraan bulanan yang diprogramkan mulai tahun 2017 mendatang.

Dalam acara pertemuan guru-guru Madin dan TPQ se Kabupaten Blora di Pendopo Rumah Dinas Bupati belum lama ini, Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si menyatakan bahwa saat ini Pemkab sedang mencarikan format yang pas untuk menyusun kebijakan penganggaran tunjangan kesejahteraan untuk guru Madin dan TPQ.

“Pendidikan tidak hanya tanggung jawab pemerintah melalui sekolah formal, namun juga sekolah informal yang diselenggarakan yayasan atau lembaga masyarakat seperti Madin dan TPQ. Maka pemerintah juga harus memperhatikannya, salah satunya dengan menganggarkan tunjangan untuk guru Madin dan TPQ agar lebih semangat mengajar anak didiknya,” ujar Wakil Bupati.

Ketika disinggung berapa besaran tunjangan yang akan diberikan setiap bulannya, ia mengaku belum bisa memastikan jumlahnya. “Kita upayakan dahulu nanti di APBD 2016, disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Yang utama, kita harus melakukan pendataan jumlah guru Madin dan TPQ terlebih dahulu agar diperoleh data yang valid untuk pengajuan tunjangan,” lanjut Arief Rohman.

Ia menginginkan adanya database guru-guru Madin dan TPQ yang benar-benar valid agar tidak ada potensi manipulasi data dalam penganggaran. “Pendataan harus dilakukan sesuai kenyataan dan valid, jangan sampai ada celah memanipulasi data. Jike ketahuan akan saya tindak tegas,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blora, Samgautama Karnajaya menyatakan bahwa pihaknya saat ini memang sedang ditugaskan untuk mencari format bagaimana mekanisme penganggaran tunjangan dari APBD agar tidak menyalahi aturan perundang-undangan yang ada.

“Jika nanti telah disusun format yang cocok dan tidak melanggar aturan, langkah selanjutnya untuk penganggaran tunjangan bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Kami minta kerjasama yang baik dari guru Madin dan TPQ se Kabupaten Blora agar menyukseskan terlebih dahulu penyusunan database agar terdata semuanya untuk menentukan besaran anggaran tunjangan,” pungkasnya.

Diketahui bersama, Pemkab Blora yang saat ini dipimpin oleh Bupati H.Djoko Nugroho dan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si sedang mengusung visi misi Mewujudkan Blora Lebih Sejahtera dan Bermartabat. Salah satu upaya untuk mencapai visi misi tersebut adalah pengadaan tunjangan untuk guru-guru Madin dan TPQ yang perannya sangat besar dalam pendidikan moral dan agama hingga pelosok desa. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved