Blora on News :
Home » , » ILUSA 75 Dukung Pengembangan Blora Jadi Pusat Pertanian dan Buah-buahan

ILUSA 75 Dukung Pengembangan Blora Jadi Pusat Pertanian dan Buah-buahan

infoblora.com on May 14, 2016 | 2:43 PM

Rombongan Ilusa 75 bersama Wabup, Sekda dan Forkopimda Blora saat berkunjung di Kebun Buah Klapanan. (foto: rs-infoblora)
BLORA. Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Blora (ILUSA) angkatan tahun 1975 pada hari Sabtu (15/5) menggelar reuni yang salah satu kegiatannya mengunjungi kebun buah Klapanan milik PT.MSS di Dukuh Klapanan Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan.

Rombongan disambut Pak Bambang pemilik kebun serta Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si, Plt Sekda Sutikno Slamet, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Slamet Pamudji, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Reni Miharti, Adm Perhutani KPH Blora, serta Forkopimcam Tunjungan.

Pak Bambang pimpinan PT.MSS dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kedatangan rombongan ILUSA 75 di Kebun Buah Klapanan Tunjungan.

Prof Sri Danarto ahli pertanian dan perkebunan sedang berdialog dengan
rombongan Ilusa 75 dan Forkopimda Blora di Kebun Buah Klapanan.
(foto: rs-infoblora)
“Terimakasih atas kunjungannya, kami berharap bisa memperoleh ilmu baru untuk pengembangan kebuh buah. Mengingat kebun buah sendiri belum siap jika harus dibuka untuk umum. Masih fokus untuk produksi saja,” kata Bambang.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan ILUSA 75 dipimpin Herry Priyono merasa kagum dan bangga melihat potensi Blora yang ternyata mempunyai kebun buah seluas puluhan hektar di tepi Waduk Greneng.

“Jujur banyak teman-teman angkatan 75 ini yang baru pertama kali datang ke Greneng di Klapanan Tunjungan. Ternyata disini bisa dikembangkan menjadi kebun buah dan dengar-dengar Pemkab akan membuat kawasan agropolitan disini. Ini bentuk pemanfaatan lahan yang bagus untuk menopang perekonomian daerah. Kita ketahui bersama wilayah hutan di Blora sangat luas, sehingga kita harus berkreasi memanfaatkan lahan tersebut untuk kemajuan daerah tanpa merusak tanaman hutan,” ucap Herry Ketua ILUSA 75 yang juga mantan pegawai Kementerian Kehutanan ini.

Sementara itu Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si yang juga anggota ILUSA angkatan 98, membenarkan jika Pemkab Blora kedepan akan mengembangkan kawasan agropolitan di sekitar Waduk Greneng berawal dari kebuh buah Klapanan hingga kawasan Perhutani KPH Blora.

“Kami sudah sering melakukan diskusi pengembangan agropolitan dengan Pak Bambang, Kepala Dintanbunakikan, dan Perhutani. Tahun ini sebagai bentuk dukungan Pemkab, jalan menuju kebun buah ini akan diperbaiki terlebih dahulu. Diaspal hotmix agar lebih nyaman,” ucap Mas Arief (sapaan akrab Arief Rohman).

Salah satu anggota ILUSA 75, Prof Sri Danarto yang lebih akrab dipanggil Mas Tetep mengungkapkan dukungannya agar Blora bisa berkembang dalam dunia pertanian dan buah-buahan. Dosen UGM Yogyakarta yang juga ahli bidang tanaman pangan dan buah-buahan ini bercerita banyak tentang tata cara penanaman buah dan komoditas lainnya.

Ia pun siap mengabdikan diri kepada Blora untuk turut serta mengembangkan dunia pertanian dan perkebunan. “Saya lihat ada yang salah dalam penanaman buah di kebun ini, sehingga buahnya belum bisa maksimal. Menanam pohon agar bisa mendapatkan buah yang bagus itu ibarat merawat anak. Tanaman harus dirawat dengan situasi hati yang senang dan utamakan pupuk organik seperti ATS (air tai sapi),” jelasnya.

Dirinya bersedia menyumbangkan ribuan bibit durian baik durian merah, putih hingga hitam, dan buah naga agar bisa ditanam di Blora. Pemkab Blora diminta agar bisa menyiapkan lahan untuk penanaman buah-buahan unggul.

Untuk diketahui Prof Sri Danarto ini merupakan konsultan pertanian dan perkebunan buah di 22 kabupaten se Indonesia. Namun sayangnya Blora tidak termasuk di dalamnya, sehingga kini ia bersedia ikut membangun Blora dengan ilmu yang dimiliki.

Kepala Dintanbunakikan, Adm Perhutani KPH Blora, Plt.Sekda bersama Wakil Bupati langsung berdialog dengan Prof Sri Danarto untuk membicarakan kerjasama pengembangan dunia pertanian dan perkebunan agar Blora bisa maju dalam hal tersebut. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved