Blora on News :
Home » , » Festival Barong Nusantara III Siap Digelar November Mendatang di Blora

Festival Barong Nusantara III Siap Digelar November Mendatang di Blora

infoblora.com on May 20, 2016 | 8:30 AM

Suntoyo S.Kar (kanan) Kabid Kebudayaan DPPKKI Blora berikan sambutan di Pentas 17 Tahun Berkarya Risang Guntur Seto Kelurahan Kunden. (foto: ag-ib)
BLORA. Festival Barong Nusantara III tahun 2016 akan digelar Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora pada bulan November mendatang. Hal tersebut diungkapkan Kepala DPPKKI Blora Slamet Pamudji SH, M.Hum melalui Kepala Bidang Kebudayaan Suntoyo S.Kar saat menghadiri Pentas 17 Tahun Berkarya Paguyuban Seni Barongan “Risang Guntur Seto” di Kelurahan Kunden, Kamis malam (19/5).

“Kami akan kembali menggelar Festival Barong Nusantara untuk ketiga kalinya November mendatang. Tidak jauh berbeda dengan konsep festival tahun sebelumnya, kami akan mengundang berbagai jenis ragam barong yang ada di seantero nusantara untuk tampil di Blora. Sehingga selain Barongan Blora, masyarakat luas akan mengetahui keberagaman barong di Indonesia,” jelas Suntoyo.

Seni Barongan Blora milik paguyuban RGS Kunden. (foto: ag-ib)
Beragam tari barong dari berbagai kota di Jateng, Bali, Jawa Timur, dan Jawa Barat akan diambil perwakilannya untuk memeriahkan Festival Barong Nusantara III. “Kemarin dari Kendal sudah menyatakan diri siap untuk datang ke Blora. Daerah lainnya juga akan kami undang. Festival nantinya sebagai pembuka rangkaian acara hari Jadi Blora ke 267,” lanjut Suntoyo.

Sekedar mengingatkan, potensi kesenian Kabupaten Blora yang mulai dikenal luas adalah Barongan. Melalui Festival Barong Nusantara, Pemkab Blora ingin menasbihkan diri sebagai pusat kesenian barongan. Dimana Barongan Blora memiliki ciri dan iringan gamelan yang khas, berbeda dengan wilayah lainnya.

Dalam acara tersebut Suntoyo mewakili DPPKKI dan Pemkab Blora juga mengucapkan selamat ulang tahun ke 17 kepada Paguyuban Seni Barongan “Risang Guntur Seto”(RGS). Paguyuban yang diketuai oleh Adi Wibowo yang lebih akrab dipanggil Mas Didik ini terbukti bisa bertahan dan terus berkarya mengenalkan seni budaya tradisional Blora hingga ke berbagai kota baik tingkat nasional maupun internasional.

“Saya salut sekaligus bangga terhadap RGS yang sudah 17 tahun tetap bertahan dan konsisten melestarikan seni budaya Blora, yakni Barongan. Dulu di tahun 2003 saya pernah menemani RGS menjadi bintang tamu di Festival Reyog Nasional di Ponorogo yang sambutannya sungguh luar biasa. Banyak juga event-event lainnya yang diikuti RGS dan berhasil membawa nama baik Blora. Terakhir saat menjadi bintang tamu World Dance Day 2016 di ISI Surakarta bulan lalu,” ungkap Suntoyo.

Dia berharap kedepan RGS akan tetap konsisten mengembangkan kesenian Barongan Blora. “Kalau bukan didasari dengan manajemen yang bagus, jarang ada grup barongan yang bisa bertahan hingga 17 tahun. Semoga RGS bisa menjadi inspirasi bagi grup-grup barongan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Mas Didik ketua paguyuban RGS mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan semua pihak yang terus setia memberikan saran dan kritik dalam membangun kesuksesan grup barongan miliknya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved