Blora on News :
Home » , » Disampaikan ke Wapres, Dukungan Jembatan Kradenan-Ngraho Makin Kuat

Disampaikan ke Wapres, Dukungan Jembatan Kradenan-Ngraho Makin Kuat

infoblora.com on May 17, 2016 | 7:30 AM

Rombongan Staf Khusus Wapres, Wakil Bupati, SKPD dan Forkopimcam Kradenan mencoba penyebrangan perahu di Bengawan Solo. Warga senang jika di lokasi tersebut segera dibangunkan jembatan. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Setelah bulan lalu Bupati H.Djoko Nugroho mendapatkan dukungan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPERA). Kini dukungan agar pembangunan Jembatan Bengawan Solo penghubung Kradenan (Blora) menuju Ngraho (Bojonegoro) datang dari Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Ekonomi dan Keuangan, Wijayanto Samirin.

Bersama Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si, Sekjen Ilusa Dandung Sri Harninto, jajaran SKPD Blora, dan Forkopimcam Kradenan, Staf Khusus Wapres Wijayanto Samirin pada hari Senin (16/5) kemarin diajak langsung merasakan sensasi menyebarang Bengawan Solo menggunakan perahu tanpa dilengkapi dengan alat pelindung diri berupa pelampung.

Menikmati sensai menyeberang Bengawan Solo memakai perahu. (foto: ag-ib)
Rombongan pun bergabung dengan warga lainnya dari kedua wilayah yang dipisahkan sungai terpanjang di Jawa ini untuk melakukan penyeberangan. Selama ini memang warga di Kecamatan Kradenan dan sekitarnya hanya memanfaatkan perahu untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari.

Seperti yang dilakukan Sri Jumirah salah satu warga Kradenan saat itu sedang membeli sembako menggunakan sepeda motor dari Ngraho dan hendak pulang ke Kradenan menggunakan jasa penyeberangan perahu.

“Ini habis beli sembako di Pasar Ngraho untuk dibawa pulang. Karena tidak ada jembatan, ya terpaksa pakai perahu. Soalnya jembatannya jauh di Cepu, jaraknya mencapai 40 km lebih untuk berputar. Jika memang akan dibangun jembatan, kami sangat senang,” ungkapnya.

Tidak hanya aktifitas ekonomi, bahkan menurutnya setiap pagi banyak pelajar yang menggunakan jasa penyeberangan perahu untuk menuju sekolah. Sekali menyeberang, dikenai biaya Rp 2000 per orang.

Wakil Bupati dan Plt.Kepala DPU Blora menunjukkan gambar rencana pembangunan Jembatan Bengawan Solo ke Staf Khusus Wapres. (foto: ag-infoblora)
Dengan mengetahui kondisi tersebut, Staf Khusus Wapres Wijayanto Samirin pun turut prihatin. Ia mendukung rencana pembangunan jembatan agar akses transportasi warga lebih lancar dan pertumbuhan ekonomi semakin cepat.

“Jembatan berpotensi untuk meningkatkan akses perekonomian kedua wilayah. Ini sangat penting, apalagi jembatan ini menghubungkan wilayah di dua provinsi yang dikenal sebagai lumbung pangan dan energi. Akan saya sampaikan usulan ini ke Wakil Presiden,” ucap Wijayanto Samirin.

Sementara itu Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si berharap dengan kunjungan Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan ini, kelak Pemerintah Pusat melalui APBN 2017 bisa membantu anggaran pembangunan jembatan.

“APBD Kabupaten jelas tidak mencukupi. Apalagi ini jembatan menghubungkan 2 kabupaten di 2 provinsi yang berbeda. Pemkab Blora dan Bojonegoro telah sepakat, begitu pula dengan Gubernur Jateng maupun Jatim. Kini giliran kita galang dukungan dari Pemerintah Pusat. Proposalnya sudah kita kirimkan, dan semoga dapat bantuan anggaran,” pungkas Arief Rohman. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved