Blora on News :
Home » , » Digelar Rutin, Barongan Mustiko Budoyo Ramaikan Pentas Seni Blok T Blora

Digelar Rutin, Barongan Mustiko Budoyo Ramaikan Pentas Seni Blok T Blora

infoblora.com on May 1, 2016 | 10:06 AM

Pentas Seni Blok T Blora dimeriahkan Seni Barongan Mustiko Joyo dari Desa Kemiri Kecamatan Jepon. (foto: budi)
BLORA. Pagelaran seni budaya Blora yang dikemas dalam acara Pentas Seni Blok T kembali digelar oleh Komunitas Seni Budaya (KSB), Sabtu malam (30/4) kemarin. Pada acara tersebut giliran Paguyuban Barongan Mustiko Budoyo dari Desa Kemiri Kecamatan Jepon yang dipercaya untuk meramaikan malam mingguan di lahan eks terminal lama itu.

Meskipun cuaca saat itu usai hujan, tidak membuat warga enggan datang ke lokasi pentas. Ribuan warga secara bertahap datang memenuhi panggung permanen berbentuk lingkaran besar yang berada di tengah Blok T untuk menyaksikan pentas barongan.

Pertunjukkan yang dimulai pukul 19:30 WIB itu pun barhasil membuat malam mingguan yang tadinya dingin karena cuaca mendung, hingga jadi hangat karena riuh penonton berdesak-desakan ingin menonton lebih dekat.

“Sesuai dengan kesepakatan awal, memang kami akan terus mementaskan kesenian Blora secara rutin 2 minggu sekali. Ini adalah pelaksanaan kedua kalinya. Dua minggu lalu ditampilkan Seni Barongan Mataram Joyo dari Bangkle, kedua ini Seni Barongan Mustiko Budoyo dari Kemiri Jepon. Sedangkan untuk 2 minggu kedepan kalau tidak tayub dan barongan lagi, diselingi tari-tarian. Sedang kita susun jadwal kedepan,” jelas Catoer OA, Ketua KSB Blora.

Ia menyatakan bahwa dalam pelaksanaan Pentas Seni Blok T itu dikerjasamakan dengan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) yang bertujuan untuk memberikan ruang tampil kepada seniman lokal agar bisa eksis di tengah masyarakat, sekaligus sebagau upaya nguri-uri kesenian lokal Blora.

“Kita akan pentaskan kesenian Blora secara bergiliran. Sementara ini memang baru barongan karena yang paling banyak adalah tim seni barong. Kedepan kami juga menginginkan ada kesenian lain yang tampil mengisi Pentas Seni Blok T. Tidak menutup kemungkinan jika ada pihak ketiga yang ingin membantu juga kami persilahkan,” pungkasnya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved