Blora on News :
Home » , » Bersepeda Keliling Kradenan, Pramuka Ajak Masyarakat Lakukan Penghijauan

Bersepeda Keliling Kradenan, Pramuka Ajak Masyarakat Lakukan Penghijauan

infoblora.com on May 28, 2016 | 12:30 AM

Pak Camat Kradenan Free Bayu Alamanda menerima bibit tanaman dari adek-adek Bantara SMA NU 1 Kradenan. (foto: rf-ib)
BLORA. Gerakan sosial untuk penggalakan pelestarian lingkungan sekitar terus dilakukan berbagai pihak. Tidak hanya dari pemerintah, anak-anak sekolah juga turut serta memberikan edukasi pentingnya merawat lingkungan kepada masyarakat desa.

Seperti dilakukan pelajar Pramuka Bantara dari SMA NU Kradenan yang belum lama ini berkeliling pedesaan di Kecamatan Kradenan untuk membagikan bibit tanaman agar ditanam warga guna penghijauan lingkungan.

Puluhan pelajar Pramuka Bantara itu pagi-pagi berkumpul di halaman sekolah terlebih dahulu untuk apel, sebelum melakukan kampanye lingkungan dalam bentuk penghijauan ke rumah-rumah warga dengan bersepeda.

Masyhudi S.Pd.I sebagai pembina Pramuka Bantara SMA NU 1 Kradenan menerangkan bahwa kegiatan bersepeda dengan misi penghijauan lingkungan ini dinamakan dengan program Bantara On The Road (BOTR).

Semangat, pelajar pramuka bantara SMA NU 1 Kradenan bersepeda
membagikan bibit tanaman kepada masyarakat. (foto: rf-ib)
“Kegiatan ini tidak sekedar jalan-jalan saja, tetapi membawa misi sosial lingkungan. Kita gugah kembali semangat warga untuk menanam dan merawat tanaman di sekitar. Perluasan lahan tanam perlu dilakukan agar terasa asri, menfaatnya akan kita rasakan saat kemarau tiba,” terangnya.

Usai mengikuti apel dan pengarahan dari kakak pembina, puluhan pelajar anggota bantara langsung ambil bagian untuk berkeliling gowes sepeda memberikan edukasi ke rumah-rumah warga, kantor desa, kantor polsek, koramil hingga kantor Camat.

Sebelum berpisah untuk menyebar ke desa-desa, semua peserta BOTR terlebih dahulu mengunjungi Kantor Kecamatan Kradenan untuk meminta dukungan dan doa restu Pak Camat Free Bayu Alamanda AP, M.Si.

“Saya bangga dengan anak-anak bantara yang ikut BOTR. Kalian semua adalah penerus kami yang kini mulai tua, sehingga dengan kegiatan yang positif ini setidaknya kalian mulai berpartisipasi dalam pembangunan di Kecamatan Kradenan. Khususnya di bidang pelestarian lingkungan. Jarang lho anak muda yang mau ikut kegiatan seperti ini, karena kebanyakan anak muda saat ini pemalas. Ini bukti bahwa kalian berani keluar dari zona nyaman dan berjuang untuk mengawal pelestarian alam,” puji Camat Kradenan kepada anak-anak bantara, Kamis (26/5).

Usai mendapatkan pengarahan dari Camat, pelajar BOTR juga menyerahkan bibit tanaman untuk ditanam di lingkungan sekitar Kantor Kecamatan Kradenan. “Usai bertemu Pak Camat, kami bersama anak-anak gowes keliling desa. Ada yang menuju arah barat Mendenrejo-Kedungsambi-Temulus dan kembali ke Desa Sumber, dan rute ke timur menuju Desa Medalem-Gondel-Mojorembun dan kembali ke Sumber lagi. Setiap desa kami hampiri untuk membagikan tanaman,” kata Fai, salah satu koordinator aksi.

Sementara itu, Lilik Efendi salah satu siswa yang ikut BOTR mengaku senang bisa mengikuti kegiatan bakti lingkungan dengan bersepeda berkeliling pedesaan. “Senang bisa berbagi dan mengajak masyarakat merawat lingkungan. Walau tadi sempat mengalami ban kempes, namun itu tidak mengurangi semangat kami untuk terus berkeliling,” ungkapnya. (rf-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved