Blora on News :
Home » , , » BBGRM, Warga Mojorembun Semangat Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

BBGRM, Warga Mojorembun Semangat Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

infoblora.com on May 22, 2016 | 11:00 AM

Warga Desa Mojorembun gotong royong membaiki jalan desa saat berlangsung BBGRM, Minggu pagi (22/5). (foto: ar-ib)
BLORA. Program Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang rutin digelar pada bulan Mei setiap tahunnya ikut disukseskan warga masyarakat Desa Mojorembun Kecamatan Kradenan dengan kegiatan sosial pada Minggu pagi (22/5). Ratusan warga desa tampak bergotong royong saling membantu membersihkan lingkungan dan memperbaiki fasilitas umum milik desa.

Sejak pagi pukul 07.00 WIB warga berkumpul di halaman Balaidesa Mojorembun untuk mengikuti apel pembukaan yang dipimpin Kepala Desa dengan dihadiri Camat Kradenan dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) setempat.

Kades Mojorembun Syaifudin Zuhri menyatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan BBGRM di desanya adalah untuk menumbuhkan kembali rasa gotong royong warga masyarakat desa yang kini mulai luntur seiring dengan derasnya arus globalisasi.

Kades Mojorembun memimpin apel gotong royong  BBGRM. (foto: and-ib)
“Sesuai dengan tema kegiatan BBGRM yakni Menuju Mojorembun yang Mahaguru (Maju Handarbeni Guyub Rukun) Menuju Masyarakat Madani, saya berharap kegiatan ini bisa menjadi momentum untuk membangkitkan kembali rasa kegotongroyongan warga khususnya di Desa Mojorembun dan Kecamatan Kradenan pada umumnya,” ungkap Syaifudin.

Pagi itu usai apel pembukaan, warga yang terdiri dari anak-anak, pelajar, hingga orang tua saling membantu untuk membersihkan selokan, penyemprotan rumput liar tepi jalan, pemangkasan dahan pohon pengganggu jalan, pembersihan lingkungan makam desa, serta memperbaiki jalan desa yang berlubang.

Kegiatan pelestarian alam dengan penanaman pohon juga dilakukan anak-anak Desa Mojorembun dan sekitarnya yang tergabung dalam komunitas Sinau On The Road (SOTR). Mereka ambil peran untuk menanam bibit pohon mahoni di tepi jalan desa bersama kakak-kakak Bantara SMA NU 1 Kradenan.

Untuk diketahui Desa Mojorembun sendiri terdiri dari 4 dukuhan yang terdiri dari Dukuh Mojorembun, Dukuh Sendangtliko, Dukuh Banjarejo dan Dukuh Sonorejo. Warga dari keempat dukuh tersebut juga ikut bagian melakukan kerja bakti gotong royong di lingkungan masing-masing.

Anak-anak SOTR bersama kakak-kakak Bintara SMA NU 1 Kradenan melakukan penanaman pohon di tepi jalan Desa Mojorembun. (foto: ar-ib)
Santoso, salah satu warga Mojorembun mengungkapkan bahwa kegiatan kerja bakti gotong royong membersihkan lingkungan dalam rangka BBGRM tersebut sangat positif. Ia berharap kegiatan seperti ini tidak dilakukan saat ada BBGRM saja, namun terus berkelanjutan secara berkala.

“Desa Mojorembun menjadi wilayah yang pertama kali mengadakan gotong royong BBGRM di Kecamatan Kradenan. Ini hal yang bagus, dari warga, oleh warga dan manfaatnya bisa dirasakan oleh warga sendiri. Semoga desa-desa lainnya di Kradenan bisa segera menyusul,” ucap Santoso.


Dengan gotong royong, ia berharap solidaritas, kebersamaan dan persaudaraan masyarakat di tingkat desa bisa lebih terbangun kuat. Permasalahan desa yang berat bisa diselesaikan dengan cepat dan ringan melalui gotong royong.

Untuk diketahui, awal Mei lalu Bupati Blora H.Djoko Nugroho telah mencanangkan gerakan BBGRM tingkat Kabupaten Blora di Desa Gondang Kecamatan Ngawen. Sejak itu, Bupati mengimbau agar masing-masing kecamatan dan desa bisa menggelar kegiatan gotong royong membangun desa atau kebersihan lingkungan. Salah satunya seperti yang dilakukan warga Mojorembun ini. (rs/ar-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved