Blora on News :
Home » , , » Baru 6 Bulan Dibangun, Tanggul Embung Tambaksari Ambrol Hingga 60 Persen

Baru 6 Bulan Dibangun, Tanggul Embung Tambaksari Ambrol Hingga 60 Persen

infoblora.com on May 22, 2016 | 3:00 PM

Tanggul embung Tambaksari yang ambrol sejak Januari lalu. Tampak tanaman jati yang tadinya ditanam di badan tanggul ikut ambrol masuk embung. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Kualitas pembangunan dan perluasan Embung Tambaksari di Desa Tambaksari yang lokasinya berada di sebelah timur SMPN 4 Blora patut dipertanyakan. Pasalnya embung yang selesai dibangun pada akhir bulan November 2015 lalu ternyata kini tidak bertahan lama.

Berdasarkan pengamatan tim Info Blora pada hari Minggu (22/5) tadi diketahui bahwa tanggul embung sebelah timur, selatan dan utara sepanjang kurang lebih 150 meter tersebut ambrol sehingga hampir memakan tanah sawah. Bahkan tanaman jati yang tadinya ditanam di badan tanggul ikut ambrol masuk ke embung.

Hingga saat ini belum ada tanda-tanda perbaikan yang dilakukan oleh pihak terkait sehingga warga sekitar takut jika kerusakan akan lebih parah. Tanggul yang tadinya selebar 4 meter, kini hanya tinggal 1 meter. Petani takut tanah sawahnya ikut ambrol masuk ke embung.

“Ambrolnya semakin parah saja. Bukan hanya sekarang mas, ambrol ini sudah dimulai sejak bulan Januari lalu dan semakin melebar sampai 60 persen lebih. Hingga kini belum ada tanda-tanda perbaikan lagi. Kami takut jika tanggul terus ambrol bisa-bisa tanah sawah ikut tergerus,” ujar Badrus warga setempat.

Menurutnya akhir tahun 2015 lalu embung ini mendapatkan proyek pelebaran dan pengerukan dari Dinas Pertanian Blora. Namun sayangnya bagian timur yang dilebarkan tidak diperkuat dengan tanggul permanen dari batu. Melainkan hanya tanah kerukan yang ditimbun, sehingga mudah ambrol.

Ia berharap seiring dengan musim labuhan ini, dinas terkait bisa segera memperbaikinya. “Dahulu alasannya belum bisa diperbaiki karena air embung masih penuh. Nah sekarang mendekati kemarau airnya mulai surut, semoga perencanaan perbaikannya segera dibuat,” lanjutnya.

Sekedar diketahui, sejumlah embung di Blora pada akhir tahun 2015 kemarin mendapatkan prioritas rehab dan perluasan karena banyak terjadi pengendapan atau sedimentasi. Salah satunya Embung Tambaksari yang mendapatkan anggaran perbaikan sebesar Rp 199,817 juta dari dana alokasi khusus (DAK) 2015. Proyek dikerjakan oleh rekanan Dintanbunakikan Blora yakni CV.Kusuma Putra dengan masa pengerjaan selama 1,5 bulan mulai 12 Oktober 2015 hingga 30 November 2015. (tio-infoblora)
Share this article :

1 komentar:

ani samin said...

tanggung jawab rekanan pemborong itu.mohon dicek gambar dan rabnya,ppk pphp pengawas apakah menyalahi ?

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved