Blora on News :
Home » , , » Antisipasi Tanggap Bencana, PKS Blora Bentuk Relawan Pandu Keadilan

Antisipasi Tanggap Bencana, PKS Blora Bentuk Relawan Pandu Keadilan

infoblora.com on May 4, 2016 | 12:30 AM

Bupati Blora hadir memberikan semangat dan motivasi pembentukan relawan Pandu Keadilan di kawasan Waduk Greneng, malam hari. (foto: pksbla)
BLORA. Wilayah Indonesia dikenal sebagai kawasan rawan bencana karena berada dikawasan cincin api dunia Bencana seakan terjadi silih berganti, gempa bumi, longsor, kebakaran hingga banjir kerap meluluhlantakkan daratan. Begitu juga dengan wilayah Blora yang rawan tanah longsor, angin puting beliaung dan banjir.

Menyikapi hal itu, Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Blora ikut ambil bagian dengan menyelengarakan latihan tanggap bencana bagi kader dan simpatisan. Pelatihan dilaksanakan di daerah Waduk Greneng Tunjungan Blora (30 April – 1 Mei 2016) lalu.

Ketua DPD PKS Blora, Santoso Budi Susetyo mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setahun sekali. Dalam kegiatan ini kader PKS Blora mendapat pelatihan dasar dari bagaimana menangani bencana yang terjadi secara tiba-tiba.

150 kader dan simpatisan ikuti pembekalan penanganan kebencanaan dari BPBD
Blora di kawasan Waduk Greneng. (foto: pksbla)
“Pelatihan ini meliputi dua hal, pertama ketahanan fisik kader dan kedua keterampilan dalam menangani bencana. Harapannya dengan pelatihan dasar ini kader PKS Blora siap terjun dimana saja ketika terjadi bencana, dan membantu melakukan penanganan”, kata Budi.

Semantara itu, hadir di malam hari menyaksikan pelantikan Relawan Pandu Keadilan, Bupati Blora Djoko Nugroho. Ia memberikan apresiasi kepada PKS Blora atas terselengaranya kegiatan latihan tanggap bencana kepada para kader dan simpatisan.

“Ini adalah kegiatan positif, saya bangga kepada PKS Blora. PKS Blora mampu mengambil peran dalam masalah kebencanaan, mari kita bersama-sama rapatkan barisan menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana,” ucapnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 150 kader muda PKS Blora. Peserta mendapatkan materi kebencanaan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Blora, lalu olah ketahanan fisik, terakhir peserta menikmati Permainan sederhana dengan penuh kecerian sebagai bagian dari kekompakan tim. Selain itu semua, peserta juga diwajibkan menjaga kekuatan ruhiyahnya dengan menjaga sholat berjamaah 5 waktu, tilawah 1 juz per hari dan sholat malam. (tupri/jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved