Blora on News :
Home » , » Anak-anak Blora Cetak Prestasi Pada Festival Dalang Cilik Nasional di Yogyakarta

Anak-anak Blora Cetak Prestasi Pada Festival Dalang Cilik Nasional di Yogyakarta

infoblora.com on May 13, 2016 | 1:00 PM

Aknantya Akmal Fauzan, salah satu dalang cilik Kabupaten Blora yang meraih prestasi di Festival Dalang Cilik Nasional UNY. (foto: rs-infoblora)
BLORA. Dalang-dalang cilik dari Kabupaten Blora ternyata tidak kalah dengan dalang-dalang cilik dari wilayah lain se Indonesia. Saat mengikuti Festival Dalang Cilik Nasional 2016 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada akhir April lalu, ternyata ada 2 dalang cilik asal Blora yang berhasil menorehkan prestasi.

Tidak hanya meraih prestasi, Kabupaten Blora pun menjadi wilayah yang paling banyak mengirimkan perwakilan dalang cilik dalam event tersebut. Hal ini disampaikan Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Blora, H.Sukarno saat memberikan sambutan dalam Pentas Wayang Kulit Rutin Malam Jumat Pon di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis malam (12/5) kemarin.

“Dalam event Festival Dalang Cilik di UNY kemarin Blora mengirimkan 8 peserta, terbanyak jika dibandingkan wilayah lain. Dan alhamdulillah ada 2 dalang cilik Blora yang berhasil masuk 5 besar nasional yakni Wisme Salman Abdillah dari SD Islam Baitunnur Blora yang meraih juara empat dan Aknantya Akmal Fauzan dari SDN 1 Sambong meraih juara lima. Ini sangat membanggakan, anak-anak kecil ini sudah bisa mengharumkan Blora di tingkat Nasional,” ujar H.Sukarno.

Meskipun belum meraih  juara satu, namun setidaknya ini menjadi awal yang bagus bagi dunia pedalangan cilik di Kabupaten Blora. PEPADI Kabupaten Blora pun berharap agar dalang-dalang cilik ini terus digembleng, dilatih, dan dibekali ilmu-ilmu pedalangan oleh masing-masing sanggar.

“Pada bulan Agustus atau September nanti akan ada Festival Dalang Cilik Nasional yang digelar di Jakarta. Semoga anak-anak Blora bisa lebih berprestasi kembali, dan meraih juara satu,” lanjutnya.

Pihaknya juga mendorong agar dalang-dalang cilik lainnya terus belajar dan berlatih agar kedepan semakin banyak peserta dari Blora yang mengikuti event tingkat nasional.

Sekedar diketahui, 2 dalang cilik Wisme Salman Abdillah atau yang lebih akrab dipanggil Alif Kriwul dan Aknantya Akmal Fauzan yang sering dipanggil Jamal ini merupakan anak didik dari sanggar seni Cahyo Sumirat Dukuh Pangkat Desa Purwosari Blora pimpinan Ki Nuryanto. Keduanya juga pernah menjuarai Festival Dalang Cilik tingkat Kabupaten Blora beberapa tahun lalu. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved