Blora on News :
Home » , » Perangi Narkoba, Petugas Rutan Blora Geledah Kamar Tahanan

Perangi Narkoba, Petugas Rutan Blora Geledah Kamar Tahanan

infoblora.com on Apr 29, 2016 | 7:00 AM

Petugas Rutan Blora menggeledah para tahanan untuk mengantisipasi peredaran narkoba di dalam lembaga pemasyarakatan. (foto: teg-ib)
BLORA. Mengantisipasi beredarnya narkoba jenis apapun di lingkungan rumah tahanan (rutan) Blora, petugas keamanan Rutan setempat pada hari Kamis (28/4) kemarin melakukan sidak untuk menggeledah seluruh kamar yang dihuni narapidana.

Kepala Rutan Blora, Fajar Nurcahyono mengatakan, kegiatan sidak terus dilakukan untuk mengantisipasi peredaran narkoba di dalam rutan sehingga hampir setiap waktu para petugas lakukan sidak baik bersama polres maupun dari petugas rutan sendiri.

“Kami rutin melakukan sidak seperti ini terlebih hal ini juga untuk mengantipasi adanya peredaran narkoba di dalam rutan,” kata Fajar Nurcayono, Kamis (28/4).

Menurutnya selain memeriksa kemungkinan adanya narkoba, sidak tersebut juga memeriksa barang bawaan lain yang dilarang dibawa napi ke dalam kamar tahanan narapidana. Seperti senjata tajam dan juga alat komunikasi serta benda lain yang dimungkinkan bisa digunakan untuk melakukan kekerasan.

“ Temuan korek, dan benda-benda lain kami amankan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang bisa di lakukan para penghuni rutan,” imbuhnya.

Selain sidak, para penghuni rutan beberapa waktu lalu juga di tes urine oleh para petugas. Semua tahanan beberapa waktu lalu telah di tes urine dan semua  hasilnya negatif.

“Tidak hanya penghuni rutan, para petugas juga kami tes urine beberapa waktu lalu oleh Dokes Polres Blora. Hal ini bertujuan agar tak ada indikasi lain dan semua petugas maupun tahanan rutan Blora memang benar-benar bebas dari peredaran narkoba,” lanjutnya.

Fajar sapaan akrab Kepala Rutan Blora, menjelaskan saat ini rutan Blora dihuni 182 orang narapidana. Masing-masing terdiri dari pelaku perjudian, pencurian kayu jati, pencurian dengan kekerasan (curas), pencabulan dan juga narkoba.

“Kami terus berupaya untuk melakukan sidak pada setiap blok kamar penghuni rutan. Selain itu komunikasi antar tahanan juga kami lakukan secara intensif guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Pihaknya selalu berharap komunikasi petugas dan para penghuni lapas bisa terjalin lancar sehingga lingkungan rutan bisa selalu kondusif. Sekedar diketahui saat ini ada 182 orang tahanan yang berada di rutan Blora, dari jumlah tersebut 13 orang diantarannya merupakan tahanan dengan kasus narkoba. (teg-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved