Blora on News :
Home » , , » Penanggulangan Kemiskinan, Pemkab Blora Gandeng Perguruan Tinggi Lewat KKN

Penanggulangan Kemiskinan, Pemkab Blora Gandeng Perguruan Tinggi Lewat KKN

infoblora.com on Apr 20, 2016 | 4:00 AM

Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si bersama Camat Blora Kunto Aji saat menerima kunjungan 6 mahasiswa UGM yang akan melaksanakan KKN di Desa Jepangrejo. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Peringkat kemiskinan Kabupaten Blora di nomor 21 dari 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah terus disikapi Pemkab dengan mengupayakan program-program penanggulangan kemiskinan. Selain membentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan menyusun pilot project desa prioritas penanganan kemiskinan, Pemkab juga mengajak kalangan Perguruan Tinggi untuk ikut andil dalam penanganan kemiskinan di Blora.

Salah satunya menarik beberapa perguruan tinggi untuk datang ke Blora guna melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dimana para mahasiswa akan terjun di tengah-tengah masyarakat, terutama masyarakat desa miskin yang masuk pilot project prioritas penanggulangan kemiskinan.

Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman menyatakan bahwa kini pihaknya terus melakukan komunikasi dengan beberapa perguruan tinggi agar mau datang ke Blora untuk melaksanakan KKN.

“Peran perguruan tinggi melalui program KKN akan sangat membantu Pemkab dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Karena di dalam KKN akan ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk memberdayakan masyarakat menuju ekonomi labih baik,” ucap Arief Rohman, saat dihubungi Info Blora, kemarin.

Ia mencontohkan saat ini STAI Khozinatul Ulum Blora juga sedang melaksanakan KKN di Desa Nglebak Kecamatan Kradenan, salah satu desa dari 16 desa miskin yang masuk pilot project pengentasan kemiskinan.

“Kemarin 6 adek-adek mahasiswa dari UGM Yogyakarta juga datang ke kantor untuk meminta izin melaksanakan kegiatan KKN di Blora. Kami sangat senang menerimanya dan diarahkan ke Desa Jepangrejo, salah satu desa miskin di Kecamatan Kota Blora,” ungkap Arief Rohman.

Berdasarkan data yang diperoleh Info Blora, keenam mahasiswa UGM yang akan melaksanakan KKN di Desa Jepangrejo tersebut adalah Dwi Erlianto (Teknik Mesin-FT), Yunita Siti (Ilmu dan Industri Peternakan), Waode Siti (Politik Pemerintahan-FISIP), Andreas Redi (Sosiologi-FISIP), Yudhi Haris (Teknik Mesin-FT), Prily Hana (Ilmu Komunikasi-FISIP). Keenamnya duduk di semester enam.

“Adek-adek UGM ini akan melaksanakan KKN dengan tema Implementasi Integrated Farming System Berbasis Peternakan dan Pertanian. Dimana Desa Jepangrejo sangat potensial di bidang peternakan dan pertanian, semoga adek-adek ini nantinya dapat meningkatkan perekonomian desa setempat dengan berbagai program yang kelak dikerjakan,” jelas Arief Rohman.

Terpisah, Prily Hana salah satu mahasiswa UGM saat dihubungi menjelaskan bahwa kegiatan KKN akan dilaksanakan pada 22 Juni sampai 7 Agustus 2016. “Kemarin kita survey lokasi dahulu mas, KKN nya mulai 22 Juni besok hingga 7 Agustus. Semoga bisa berjalan lancar,” kata Prily.


Pemkab Blora sendiri terus mendorong agar perguruan tinggi lainnya bisa bergabung melaksanakan KKN di desa-desa miskin yang ada di Blora. Sekedar diketahui, tahun 2015 lalu UNS Solo dan UIN Walisongo Semarang juga melaksanakan KKN di Kabupaten Blora. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved